Medical Student-Langkah Selanjutnya setelah Lolos PTN! Daftar Ulang

Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya disini tidak akan menulis cerita terlalu panjang dan hanya sekedar berbagi "peringatan" untuk tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang telah saya lakukan.


Tips ini saya dapatkan saat daftar ulang di Universitas Jember. Kejadian mungkin bisa berbeda-beda setiap universitas.

Yuk Disimak!

AMBIL NOMOR ANTRIAN DINI HARI
Seperti saat verifikasi (kamu bisa lihat di tulisan saya di blog ini juga) kamu harus mengambil nomor antrian dulu yang dimulai pukul 05.00-08.00 sebelum melakukan daftar ulang yang dimulai pada pukul 08.00. Tapi jangan mengambil nomor antrian pada pukul 05.00. Saran saya "paksaan saya" ambil nomor antrian pada pukul 00.00 sampai maksimal pukul 03.00 karena waktu saya daftar ulang, jam 12 malam nomor antrian sudah dibuka. Bahkan sudah banyak orang-orang yang menunggu di dekat kampus untuk daftar ulang. Waktu itu saya mengambil sekitar jam 04.30 dan mendapat nomor antrian sekitar 1400.

Apa masalahnya jika mendapat nomor antrian yang tinggi?
Jadi jika verifikasi jadwal setiap jurusan dibagi-bagi, saat daftar ulang ini kamu tidak bisa santai karena seluruh mahasiswa baru dari semua jurusan melakukan daftar ulang pada hari yang sama. Dan tentu saja ini tidak bisa diselesaikan satu hari saja. Jika kamu mendapat nomor antrian lebih dari 800 (untuk Universitas Jember daftar ulang jalur SNMPTN tahun 2018) maka kamu harus mendaftar ulang di hari berikutnya. Jadi ya awalnya nanti bakal dipanggil seluruh nomor 1-2000 tapi ini hanya untuk di check list kehadiranmu di komputer supaya kamu tidak bisa ikut SBMPTN. Nah karena itulah mulainya pasti agak siang tidak pas jam 8, sekitar pukul 11 karena harus memanggil sekitar 2000 anak dulu.Akibatnyanomor antrian diatas 800 harus mengikuti daftar ulang di hari berikutnya. Tentu saja jika begitu maka kamu harus menambah biaya lagi karena harus menginap lagi dan me-refund tiket kereta seperti yang aku alami dulu.
Mungkin permasalahannya akan berbeda untuk daftar ulang anak SBMPTN atau universitas lain. Bisa saja hanya satu hari.

Solusinya apa supaya dapat nomor antrian awal?
Kamu bisa titip kenalan, saudara, atau kakak tingkat kamu. Biasanya setiap daerah utamanya anak rantau bakal ada grup yang ada kakak tingkatnya. Biasanya jika mereka berbaik hati maka akan membantu kamu untuk mengambil nomor antrian pada dini hari. Jadi kamu tidak perlu menginap lagi di dekat universitas kamu.

Untuk hal-hal yang dibutuhkan saat daftar ulang bisa kamu cek di masing-masing website kampus. Jangan sampai ada yang tertinggal ya data-data penting kamu utamanya anak rantau.


Mohon maaf jika ada kesalahan
SEMOGA BERMANFAAT

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments