Obat Galau Sederhana tapi Ampuh!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah semangat menulis cukup tinggi lagi dan tiba-tiba ingin cari topik buat ditulis. Kali ini terdorong untuk menambah konten tentang renungan islam.
Judul kali ini pasti pernah dialami hampir semua orang. Galau. Kalimat sederhana namun cukup rumit untuk dijelaskan.


PENTING SEMUA!!! (Baca sampai selesai dengan semangat untuk berbenah diri yah!)

Galau itu gimana sih?
Menurut pandangan orang mungkin definisi galau berbeda-beda. Penyebabnya pun berbeda-beda. 
Ada yang galau karena hartanya hilang, tidak diterima kerja, belum mendapat bangku kuliah, nilai dan prestasi buruk, belum dapat jodoh, belum punya anak, orang yang disayang meninggal dunia, keluarga berantakan dan lain sebagainya..

Kalau dipikir-pikir galau itu sering terjadi saat ada ujian dan cobaan ya!

Tapi... galau sering dipasangkan dengan “cinta”, utamanya para remaja. Mungkin karena lahir, batin, dan pemikiran mereka yang belum stabil.
Ini sedikit selipan pesan ya utamanya buat para remaja (untuk diri saya sendiri juga)

“sudahlah muslim jadikan orang yang kamu sukai, kagumi, cintai, dan bla bla bla itu sebagai angin yang lewat atau penghias perjalanan hidupmu di masa muda. Jangan takut kalau tidak diPDKT-in, tidak dipacari, tidak dimiliki, tidak dijaga, dan seterusnya.. dia bakal hilang, pergi dan jatuh ke tangan orang lain. Udah gausah khawatir. Nanti kalau kamu sudah sukses, istilahnya bakal ada jutaan manusia yang jauh lebih baik daripada si DOI yang bakal memperjuangkan dan memperlakukan kamu dengan jauh lebih baik. Udah ikhlasin aja Doi. Fokus sama hidupmu dan lakukan terbaik buat apa yang kamu lakuin sekarang ya. Jangan kebanyakan alasan buat mempertahankan hal-hal yang tidak disukai Allah. Kalau kamu ikhlas terhadap seseorang dan usahamu CUMA TERUS MENDOAKAN YANG TERBAIK, ITU SUDAH CUKUP. Allah yang bakal ganti dia dengan yang lebih baik atau jika beruntung justru Allah akan menyatukan kalian disaat yang tepat. Tunggu aja kisah Allah yang luar biasa itu. Ini tak jamin wes hehe. Udah hidup itu terlalu sia-sia jika hanya memikirkan masalah cinta, apalagi cinta sama Doi aja. Sibukkan dirimu dengan hal-hal positif dan kamu bakal segera lupa masalah cinta.”
Pesan yang cukup panjang ya..

Nah terus ini definisi galau kalau menurut kamus pena-iibrila,
galau itu artinya kamu sedang dalam kondisi tidak percaya sama Allah.”
Padahal kalau hidup kamu harus selalu percaya sama Allah, ya kan?

Tapi tentu kalau menurut saya galau itu terkadang penting. Karena semua orang perlu jatuh agar mampu melompat tinggi. Sedih terhadap kegagalan itu wajib tapi jangan terlalu dipikir lama. Sedih boleh, nangis boleh(bahkan menurut penelitian air mata itu bagus buat mengeluarkan racun-racun tubuh).
Kenapa boleh? Tentu saja. Nikmatin apa saja pemberian yang diberikan oleh Allah. Manusia bisa nangis itu pasti ada alasannya menurut Allah. Sebagai seorang muslim, jadikan kondisi terpurukmu sebagai obat untuk kembali kepada-Nya. Jadikan ujian atau cobaanmu sebagai sarana untuk menambah rasa syukurmu kepada-Nya. Nikmat Allah itu luar biasa. Jika kamu tidak bisa menyadarinya saat kondisimu sedang diatas maka Allah ingin kamu kembali dengan sedikit “memaksa”mu berada di bawah. Tapi ingat setiap ujian atau cobaan pasti ada hikmahnya yang sangat luar biasa dan bahkan saking luar biasanya tidak mungkin bisa untuk dijelaskan.

Yaps! Jadi itu sedikit pengantarnya. Sebenarnya apa yang saya tulis sedikit banyak saya tujukan untuk diri saya sendiri. Manusia dengan sejuta khilaf, tapi Allah tak terhitung ampunannya.

Ke topik inti ya...

Obat Galau Sederhana tapi Ampuh!
Kenapa sederhana?
Karena ini bisa kamu langsung praktekin di rumah. No Dukun. No Bondo.
Oiya ini trik ini sudah dicoba dan conditional boleh tapi usahain istiqomah ya!
Sebelumnya mohon maaf karena triknya cukup singkat karena sesuai dengan judulnya "sederhana".

1. Sholat 5 waktu berjama'ah dimasjid
Ini yang paling manjur!!!
Dicoba ya muslim buat kamu yang ingin berhijrah, kalau setiap kali ada masalah dengan kegalauan hidup kamu langsung ke masjid bahkan ketika belum adzan. Ini dijamin jos seketika hatimu bakal tentram, masalahmu memang banyak tapi terasa ringan. Saat doa yaudah berdoalah seperti kamu curhat sama Allah tapi jangan lupa merasa dirimu rendah dan hina dimata-Nya. Welas diri lah sama Allah yang punya segalanya. InsyaAllah jika hatimu tenang maka galau mu hilang. Sesederhana itu.

Eits emang boleh ya sholat selain karena Allah atau sholat pas ada maunya aja??
Nah karena itu jangan hanya sholat 5 waktu berjamaah di masjid saat galau aja, manfaatin kondisimu untuk belajar istiqomah, paksain dikit. Awalnya memang berat tapi kalau udah terbiasa dilakuin bakal terasa ringan. Ajaibnya kamu bakal ngerasa ada yang hilang saat kamu tidak melakukan kebiasaan istiqomahmu. Jadi dicoba ya, wajib!!!

Kalau ingin lebih tenang coba deh sholat tahajjud, sholat hajat, pokoknya sholat wajib dan sunnah yang sesuai dengan ketentuan Allah dan rasulullah. Dijamin obat galau dengan sholat cepat sembuhnya. Daripada kamu galau terus ke mall, buang-buang duit, kumpul sama teman yang ajak maksiat,, narkoba, dan lain sebagainya. Selain buang duit, galaunya gak bakal sembuh. Lupa sama masalahnya waktu lagi main dan senang aja, pas pulang ke rumah galaunya keinget lagi. Duh!. Mending muslim sholat, hati tenteram, galau hilang cepat dan awet!. Dicoba ya tipsnya! Bonusnya pahala!

2. Ngaji
Ngaji disini ada dua ya muslim
A. Ngaji Al-Qur'an dan kalau bisa tafsirnya juga 
Kenapa haruf tafsir juga? Pokoknya kalau kamu tahu makna atau arti tentang apa yang kamu baca di Al-Qur'an, kamu bakal merasakan hati tenang dan timbul rasa kagum dan cinta luar biasa sama Allah. Kamu juga bakal merasakan betapa besar dosa yang sudah kamu lakukan dan sadar bahwa dirimu sangat tidak bersyukur terhadap nikmat Allah, kamu bakal malu sendiri dan merasa cobaanmu terlalu ringan, dan seterusnya. Luar biasa manfaatnya dan wajib kamu rasakan sendiri. Memang benar Al-Qur'an itu obat penenang hatinya orang muslim. Pasrah aja sama Al-Qur'an. 
B. Ngaji sama orang berilmu dan beriman
Nah jadi ini ngaji sama guru kita, manfaatnya luar biasa. Atau jika kamu belum punya guru ngaji kamu bisa mendengarkan ceramah ustadz di Youtube. TAPI INGAT. Jangan sembarangan cari ustadz nanti kalau imanmu belum kuat atau ilmumu masih sedikit, kamu malah bisa tersesat dan ikut aliran keras. Penceramah yang sangat direkomendasikan yaitu ustadz abdul somad, ustadz adi hidayat, ustadz zakir naik. Coba deh dengarkan ceramah dari orang muslim yang berilmu, seketika kamu bakal lupa galaumu! Dan bonusnya kamu bakal dapat banyak ilmu, pahala, dan derajatmu bakal ditingkatkan sama Allah karena kamu dianggap menuntut ilmu!. Jangan lupa dipraktekan juga ya ceramah yang sudah kamu dengarkan. SARAN kalau kamu galau berat kamu bisa searching ceramah dari mereka tentang masalah yang sedang kamu hadapi, insyaAllah hasil mendengarkan ceramah itu bakal jadi solusinya. Hati tenang, dapat pahala, dan galau hilang. 

Yaps itu 2 tipsnya, sederhana kan!
WAJIB SEGERA DICOBA!

Bonus!! 
Kenapa kita HARUS LUPAKAN GALAU?
Karena galau itu tidak penting!!
Ini tips tambahan dari pena-iibrila
1. Sibukkan diri dengan hal positif
2. Percaya sama Allah
3. Ikhlas karena Allah
4. Jauhi hal-hal yang dibenci Allah karena Allah

InsyaAllah kalau kamu meng-ikhlas kan suatu hal hanya karena Allah, semua yang kamu galau-kan bakal diganti dengan yang jauh lebih baik!!!

Maaf jika kurang berkenan
Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments