Renungan Islam - Merayakan Ulang Tahun dalam Islam

Assalamualaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah
Konten kali ini kita membahas tentang Merayakan Ulang Tahun dalam Islam. Jika membahas masalah "Hukum", bagi saya yang masih muda, membahas masalah ini cukup berat. Jadi konten kali ini lebih mengarah ke kata "MERAYAKAN".
Pertanyaan yang akan dibahas yaitu:
1.Hal-hal apa saja dalam perayaan ulang tahun yang tidak sesuai dengan islam?
2.Apakah penting merayakan ulang tahun dalam islam?
3.Kapan perayaan ulang tahun yang tepat dalam islam?
4.Bagaimana solusi merayakan ulang tahun yang sesuai dengan islam?
Bismillah...
Ilmu yang saya bahas ini berasal dari salah satu ceramah yang saya dengar dari Ustadz Abdul Somad melalui youtube. InsyaAllah dapat dipercaya.

Selamat belajar!

Hal-hal apa saja dalam perayaan ulang tahun yang tidak sesuai dengan islam?

Setiap pembaca pasti pernah merasakan perayaan tanggal lahir mereka. Tapi, cara merayakan ulang tahun antara satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Ada yang merayakannya dengan kue ulang tahun, pergi makan ke restoran, dan lain sebagainya.
Lantas apakah merayakan ulang tahun dengan kue ulang tahun itu diperbolehkan?
Boleh saja asalkan kue tersebut dibeli dengan uang yang halal dan terbuat serta diproses dari bahan dan metode yang juga halal. Hal yang dilarang yaitu jika diatas kue diberi lilin ulang tahun dan kita meniup lilin tersebut sambil berdoa.
Meniup lilin merupakan budaya yang dilakukan oleh orang kafir dan tentu saja hal tersebut dilarang dalam islam.

Selain itu, dalam perayaan ulang tahun sebaiknya tetap menggunakan baju yang sesuai dengan tuntunan Allah SWT dan mengkonsumsi makanan yang halal.

Apakah penting merayakan ulang tahun dalam islam?

Jika diminta untuk menjawab pertanyaan ini, semua tetap kembali pada bagaimana cara kita menyikapi hari ulang tahun kita. Pertanyaan akan terjawab "YA" apabila kita merayakan ulang tahun dengan hal-hal yang bermanfaat dan pertanyaan akan terjawab "TIDAK" apabila kita merayakan ulang tahun hanya untuk sekedar menggelar pesta dan mengikuti gaya hidup hedonisme

Tapi, alangkah jauh lebih bijak jika kita tidak terlalu menspesialkan hari ulang tahun. Karena sesungguhnya hari ulang tahun justru menunjukkan bahwa kehidupan kita di dunia semakin singkat dan kita semakin dekat dengan kematian. 

Kapan perayaan ulang tahun yang tepat dalam islam?

Jika ditanya kapan maka jauh lebih baik jika kita merayakan hari ulang tahun sesuai kalender hijriah bukan kalender masehi.

Bagaimana solusi merayakan ulang tahun yang sesuai dengan islam?

Segala hal asalkan niat kita baik insyaAllah akan bernilai pahala. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila perayaan ulang tahun diniatkan untuk berbagi dengan sesama utamanya fakir miskin dan anak yatim. Daripada kita merayakan ulang tahun dengan meniru budaya kebarat-baratan dan menghamburkan uang untuk hal yang tidak bermanfaat, jauh lebih bijak jika kita merayakan ulang tahun dengan menggelar syukuran dan makan bersama fakir miskin maupun anak yatim. Kita juga dapat berdoa bersama mereka (orang yang kita bantu/beri sedekah) agar umur kita bermanfaat dan diberi rezeki yang berkah. Sungguh indahnya berbagi dengan sesama.

Selain itu, alangkah jauh lebih baik jika perayaan ulag tahun ini menjadi pengingat bagi kita akan kematian yang semakin dekat dan dapat terjadi kapan saja. Dengan bertambahnya umur kita semakin sadar dan menengok sudah berapa banyak amal yang telah kita persiapkan untuk kehidupan di akhirat kelak dan berapa banyak dosa yang telah kita perbuat kepada Allah dan sesama manusia. Dengan menyadari hal tersebut dan mengintropeksi diri sendiri semoga kita mampu hijrah menuju-Nya dan menjadikan hari ulang tahun sebagai langkah untuk terus berbenah diri.


Alhamdulillah itulah sedikit ilmu yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat, aamiin.

Sekian.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Penulis: Ibrila Asfarina Ahmadah(pena-iibrila)

Comments