Renungan Islam - Percaya deh Sama Allah!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Jujur terkadang kita, bahkan saya sendiri, merasa jatuh, terpuruk, dan lain sebagainya. Akibatnya? Saya justru menghujat keadaan, menyalahkan takdir, dan melakukan hal-hal bodoh lainnya.
Tapi, sadarkah kita, sadarkah aku, nikmat Allah yang benar-benar luar biasa!!!
Nikmat bukan hanya sekedar harta, harta bisa habis, lalu nikmat apakah yang WAJIB kita syukuri?
Nikmat WAKTU, SEHAT, CERDAS, KELUARGA dan lain sebagainya.

Coba bayangkan saja misalnya nikmat waktu? Hanya orang yang sudah mati saja yang menyadari betapa besarnya nikmat memilki waktu hidup, untuk apa? untuk SEDEKAH, untuk BERIBADAH, orang yang sudah mati tidak akan meminta hidup lagi hanya untuk menambah kemaksiatan, meminta hidup hanya untuk mensia-siakan waktu lagi dan lagi, mereka HANYA INGIN memanfaatkan waktu dengan berbagi, dengan sebaik-baiknya. Jadi, syukurilah kita MASIH HIDUP. Kita masih mampu melakukan banyak hal luar biasa lainnya seperti beramal, menuntut ilmu, berbagi dengan sesama, dan lain sebagainya. Agar apa? agar jariah tersebut mampu menjadi pahala abadi bagi kita kelak! Alhamdulillah, banyak-banyak lah bersyukur!!!

Nikmat SEHAT? Tentu saja, coba bayangkan sendiri saja berapa biaya yang harus kalian keluarkan jika kalian sakit!. Gratis? Ada BPJS? Percayalah orang sakit tetap akan memilih hidup SEHAT walaupun harus MEMBAYAR.

Nikmat CERDAS? Yes, kita manusia, kita berbeda dari hewan, dan makhluk Allah lainnya. Kita CERDAS, tidak peduli berapa nilai raport mu di sekolah, sejarah pendidikanmu, dan lain sebagainya. Kita Makhluk yang CERDAS. Itu sudah hakikat kita. Percayalah akan ada banyak hal hebat yang bisa dilakukan, tidak peduli kamu bodoh atau pintar, KITA SEMUA CERDAS karena kita punya kelebihan masing-masing. MANUSIA CERDAS dan itu wajib kamu syukuri. Bagaimana cara kamu mensyukurinya? BERIBADAHLAH, karena hewan tidak bisa beribadah! Gunakan kecerdasanmu untuk hal-hal yang jauh lebih bermanfaat daripada apa yang kamu lakukan sekarang.

Nikmat KELUARGA? Tanpa keluargamu kamu bukan apa-apa! Tanpa ibumu, doa ibumu, kasih sayang ibumu, kamu BUKAN APA-APA! Begitu juga dengan ayahmu yang rela bekerja banting tulang demi KAMU, demi PENDIDIKANMU, HIDUPMU, MASA DEPANMU. Keluarga juga bukan hanya orang tua, tapi SAUDARAMU, TETANGGAMU, TEMANMU, dan tentu saja UMAT MUSLIM DI SELURUH DUNIA. Jadi, syukuri nikmat tersebut. Bayangkan saja jika kamu hidup sendiri tanpa ada keluarga-kelaurgamu. Hidupmu bakal susah dan kamu bakal kerepotan sendiri hanya untuk bertahan hidup.
Bagaimana cara kita mensyukurinya? berbuat baiklah dengan keluargamu dan paling penting senantiasa doakan mereka dengan tulus.

Tapi, ada diantara nikmat-nikmat tersebut yang belum aku sebutkan, ada banyak sekali, coba kamu renungkan sendiri! Tapi ada yang benar-benar paling penting diantara itu semua yang wajib untuk kita syukuri! Apa itu?
Nikmat IMAN, ISLAM, Percaya sama Allah, Percaya sama rencana indahnya!

Jadi, buat kamu dan saya, yang lagi dilanda masalah, sudahlah serahkan aja semua sama Allah, kita punya iman dan islam agar kita kuat! Rencana tidak sesuai dengan keinginan kita, hidup ini tidak adil, kita sudah berbuat baik tapi cobaan datang terus, kita sudah berusaha tapi gagal terus, lalu kita harus apa? BELIEVE! PERCAYA! sama siapa? Allah. Saya jamin pasti ada rencana terbaik yang sedang Allah persiapkan! Serahkan sama Allah! Ikutin aja jalan ceritanya Allah.
Apa untungnya kita melakukan itu semua??
InsyaAllah kebahagiaan abadi dan hakiki akan kita dapatkan di akhirat kelak bahkan di dunia. Aamiin.

Mohon maaf jika kurang berkenan. Semoga bermanfaat!
Wassalamualaikum Wr. Wb.



Penulis: Ibrila Asfarina Ahmadah

Comments