Informasi tentang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Indonesia (FIKSI) KEMDIKBUD

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai sobat!
Kali ini saya mau berbagi informasi tentang salah satu lomba dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD). Lomba ini termasuk lomba baru karena umur lomba ini masih seumur jagung. Tapi seperti lomba KEMDIKBUD lainnya, lomba tingkat nasional ini sangat bergengsi.

Lewat tulisan ini, saya ingin ikut mempromosikan lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Indonesia (FIKSI) KEMDIKBUD. Hal ini sebagai bentuk apresiasi saya terhadap lomba Festival Inovasi dan Kewirausahaan Indonesia (FIKSI) ini. Apa yang saya tuliskan ini berdasarkan apa yang saya alami dan juga beberapa cerita dari adik saya yang berhasil menyabet salah satu medali pada Festival Inovasi dan Kewirausahaan Indonesia (FIKSI).
Kalian bisa membaca contoh proposal dan power point karya adik saya saat mengikuti lomba FIKSI disini.
Contoh Proposal Rencana Bisnis FIKSI KEMDIKBUD

Contoh PPT Presentasi Lomba Bisnis atau Business Plan FIKSI KEMDIKBUD





Apa itu Festival Inovasi dan Kewirausahaan Indonesia (FIKSI)?

Bagi saya, FIKSI merupakan sebuah wadah yang baik bagi pelajar untuk mengembangkan minat dan bakatnya di dunia bisnis. Terlebih, beberapa tahun kedepan, sebagian besar perekonomian bangsa akan berada di pundak pelajar saat ini. Jadi, sebuah wadah untuk mengenalkan dunia bisnis sejak dini sangat penting dan dibutuhkan oleh pelajar, salah satu wadah tersebut adalah FIKSI.

FIKSI tidak hanya sebagai wadah bagi pelajar yang sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkan bisnisnya. Namun, FIKSI juga memberikan kesempatan kepada pelajar yang ingin membuat rencana bisnis kedepannya. Selain itu, bidang lomba bisnis yang diadakan oleh FIKSI juga beragam sehingga tidak membatasi minat dan bakat pelajar di dunia bisnis.

Seberapa pentingkah lomba bisnis bagi pelajar?

Saat ini jumlah penduduk terus bertambah sepanjang tahun, sebagai dampaknya lapangan pekerjaan semakin sempit. Karena itulah dibutuhkan generasi muda yang mampu menopang perekonomian bangsa melalui kreativitas, minat, dan bakat nya di dunia bisnis. Lewat bisnis, lapangan pekerjaan baru dapat tercipta. Penanaman bibit pebisnis muda yang handal bisa dilakukan sejak dini, hal ini bisa dimulai dari pengenalan dunia bisnis melalui lomba bisnis.

Mengapa harus mengikuti lomba FIKSI ini?

Ajang lomba bisnis FIKSI yang diadakan KEMDIKBUD ini tidak hanya dibatasi oleh bidang-bidang tertentu saja. Ada berbagai bidang yang dilombakan seperti kerajinan, desain grafis, fashion, digital game dan pengembangan aplikasi, boga serta kategori lainnya. Selain itu, lomba FIKSI juga dibagi menjadi 2 kategori yaitu rintisan usaha dan gagasan usaha.
Hal positif yang bisa diambil adalah pelajar yang memiliki minat dan bakat di bidang yang dipilih (misal desain grafis) juga akan berjuang dan bersaing bersama dengan pelajar lain di kategori yang sama pula (misal desain grafis). Sehingga, lomba FIKSI KEMDIKBUD ini tidak mencampuradukkan kompetisi antara berbagai minat dan bakat yang dimilki pelajar.

Selain itu, lomba bisnis dan business plan yang diadakan oleh FIKSI ini GRATIS. Bahkan, pelajar yang berhasil lolos ke final, maka seluruh biaya akomodasi akan ditanggung oleh pihak FIKSI. Selain itu, finalis lomba FIKSI juga akan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 3.500.000 (tahun 2018). Jika berhasil mendapatkan medali, pelajar juga akan mendapatkan uang pembinaan hingga Rp. 7.000.000(tahun 2018).

FIKSI juga bukan hanya sekedar lomba, finalis lomba FIKSI akan mendapatkan pembinaan tambahan oleh ahlinya serta buah tangan berupa ilmu yang tentunya akan sangat bermanfaat.

Apa syarat untuk bisa mengikuti lomba FIKSI?

Secara garis besar, untuk menjadi peserta lomba FIKSI, pelajar wajib mengumpulkan proposal rencana bisnis ataupun proposal bisnis yang sudah dijalankan serta beberapa syarat lain yang cukup mudah dan tidak memberatkan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kalian bisa membacanya diwebsite resminya OLIMPIADE FIKSI

Apa keuntungan mengikuti lomba FIKSI?

Dengan mengikuti lomba FIKSI, kalian akan lebih mengenal dunia bisnis, yang tentunya pengalaman ini akan sangat berharga dan bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Selain uang pembinaan jika kalian berhasil menjadi finalis, tentu saja sertifikat lomba akan jauh lebih berharga. Terlebih, lomba ini diadakan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Keuntungan mengikuti lomba FIKSI yang utama adalah kalian akan mendapatkan ilmu. Ilmu secara teori maupun praktek. Di lomba FIKSI kalian juga akan belajar untuk memberanikan diri tampil mempresentasikan bisnis kalian dan juga melakukan pameran produk ke masyarakat secara langsung. Sebuah ilmu kehidupan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya. Di FIKSI kalian juga akan bertemu orang-orang hebat dan lebih mengenal dunia diluar zona nyaman kalian.

Karena itulah, yuk ikut FIKSI sobat. Setidaknya walaupun kalian gagal untuk menjadi juara, pasti ada rahasia kesuksesan dibalik itu semua. Cobalah hal baru dan nikmati perjuangan kalian.

Makasih sobat! Selamat berjuang!

Semoga bermanfaat!!
Wassalamualaikum!!!

Penulis:
Ibrila Asfarina Ahmadah
15:24
Gresik, 08 Februari 2019

Comments