Passion - Dear ME!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Passion.
Tak pantas jika aku harus menggurui satu kata sederhana namun nyatanya cukup rumit bagiku. Aku terkadang tidak menyadari langkah kaki dan jalan apa yang seharusnya kutempuh. Terlalu lama berpikir tentang apa dan bagaimana ternyata membuatku jenuh. Namun, hal yang cukup kumengerti saat ini bahwa hal sederhana yang mambuatku bahagia dan merasa menjadi diri sendiri adalah langkahku dan jalanku.

Bagiku passion tentang kebahagiaan. Menikmati suatu hal tanpa memedulikan hasilnya karena hanya berpaku pada proses dan rasa "bahagia dan puas" semata. Sungguh menyenangkan. Uniknya, ketika kuterpaku pada kegiatan yang kusenangi, bukan rasa malas yang menghampiri. Namun sungguh, justru rasa gengsi itu sendiri yang menghambat.

Detik ini dan detik selanjutnya dalam hidupku, kuberharap untuk selalu tersadarkan agar berhenti mencari apa yang harus kulakukan agar mampu menjadi sukses. Tapi cukup melakukan apa yang membuatku merasa nyaman dan bahagia, karena bagiku kini itulah kesuksesan sejati. Sukses tidak butuh waktu, sukses bisa dilakukan detik ini juga. Sukses bukan untuk membuatmu merasa bangga dan hebat dimata orang lain, sukses bagiku ketika merasa cukup dengan apa yang ada, bukan berati berhenti untuk bekerja dan berjuang, namun justru memanfaatkan segala potensi yang ada tanpa menunggu bantuan dan menyerah pada keadaan.

Semua proses bagaikan berlian, mereka bersinar dan tak sia-sia. 

Terkadang dalam hidup terasa ada begitu banyak pertanyaan yang justru menghambat langkah yang dipilih sendiri. Satu langkah menuju mimpi yang akan menjadi kenyataan, namun ketika dijalani malah berbalik menuai banyak pertanyaan.
Apakah ini yang kuinginkan? apakah ini jalan yang membuatku bahagia?
Aku sendiri hingga kini tak mampu menjawabnya. Saat ini yang "hanya sanggup kupahami",
itulah proses, ada hikmah dibalik setiap kejadian untuk menjawab setiap pertanyaan yang sungguh hanya kekalbuan semata. Menghibur diri dengan membuat lebih banyak pertanyaan.
Untuk apa mencari yang diinginkan? untuk apa mencari kebahagiaan?
Dan jawabanku; untukku,
Jika saat ini saja tak sanggup menyadari apa yang diinginkan dan membuat bahagia. Lalu, apakah yakin akan menemukannya di hari esok? sekali lagi, hibur diri dengan rasa syukur. ada banyak hal tentang apa yang kumiliki sekarang adalah apa yang kuinginkan dahulu dan mungkin apa yang kuinginkan di masa mendatang. Kuhanya berharap di hari esok jangan sampai aku hanya mampu mengenang dan menangis ketika mengingat apa yang kumiliki saat ini.  
Aku akan memaksimalkan setiap langkahku, karena itulah passion.

Kini yang kupertanyakan? Passion itu apa atau siapa?

1234567890


Kenal aku dengan tulisanku, itulah passion; sekali lagi.

Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.
Ibrila Asfarina Ahmadah
Jember, 22 Agustus 2019 (23:18)

Comments