SKINCARE AKHIR TAHUN 2020


Assalamu'alaikum Wr.Wb.



Yuhuu kembali ke-geje-an Ibrila, mari kita menulis hal-hal dengan kata-kata yang tidak baku karena hal tersebut lebih mudah untuk dilakukan. Mumpung masih minggu pertama, huft sebenarnya ada 2 ppt yang harus dipersiapkan buat musyawarah besar, namun karena aku lagi pengen bahagya, jadi lebih baik kita menulis hal-hal geje sambil memperdengarkan lagu-lagu dari album folklore dan evermore. Nagih banget dengerin august di bulan desember ini.

Awali dengan ke gas-an "SKINCARE AKHIR TAHUN 2020", ya setidaknya ada sedikit revolusi di akhir tahun. Walaupun belum rutin memakainya karena kemalasan dan kemageran; alhasil wajah tak kunjung berubah jadi power rangers pink.

Hoiya, ke-geje-an ku malam ini semoga bermanfaat buat kalian yang ingin memakai skincare sebagai pemula ; karena akupun demikian; jadi mari kita belajar bersama. Produk-produk yang aku pakai ini gampang banget kok ditemuin di drug store kayak watson, guardian, century, dkk pokok tempat-tempat sejenis kayak gitu. Ada juga yang bisa dibeli di indomaret kayak garnier, nivea, dst. Pokok mudah buanget aka produk pasaran; karena ku takut kalau pakai produk aneh-aneh nanti wajahku jadi aneh-aneh. Hoiya berdasar pemakaian orang mager ini, perlu di disclaimer bahwasanya produk ini tidak memutihkan; jadi lebih kearah biar gak kusem aja. Sehat! karena aku pernah nonton di youtube; memakai skincare itu manfaatnya bisa buat bertahun-tahun kedepan biar awet muda; ceila masih bocil umur 20 tahun udah bahas anti aging gini :v hoiya nanti aku kasih bonus skincare anti-aging punya ibuku aja kali ya. Soalnya aku bangga; aku yang ngerekomendasiin ibuku ganti pakai produk itu si dan ada hasil nyata dong :vv aku nya yang gak nyata :v

Disclaimer: Kulit wajahku tipe yang normal aka tidak berminyak atau kering; jadi aku bebas pakai produk apa aja tanpa mikir; jadi buat kalian jangan asal ngikut disini ya takutnya tipe wajahnya beda :vv lagian siapa juga yang mau niru :vvv

Plus disini aku jelasin sebagai makhluk noob pemula yang tidak tahu dunia per skincare an secara detail ya; jadi jelasin sebagai konsumen dan makhluk yang masih belajar. Lagian aku memilih produk yang berbahan dasar sama yaitu vitamin C soalnya aku males mikir dan madu2in takutnya keliru kecampur aduk. Tapi, kalau kalian pingin nyoba yang berbahan dasar AHA/BHA/PHA, niacinamide, retinol, dst apalah itu, tanyakan saja pada adikku yang paham cara madu2innya, aku masih noob :v

SKINCARE ROUTINE PAGI DAN MALAM UNTUK PEMULA SERTA REKOMENDASI DAN REVIEW PRODUK TIPIS-TIPIS

STEP 1
DOUBLE/TRIPLE CLEANSING

Prinsipnya disini yang kutahu adalah jika kalian makeup tebal, bisa tuh pakai triple cleansing. Kalau males make up kayak aku, double cleansing aja udah cukup. Perlunya apa di cleansing? soalnya aku tahu si di Gresik ini polusi parah karena banyak pabrik jadinya aku diem aja kayaknya polusi nempel di wajahku. Soalnya adikku yang jerawatan aja dulu pernah ke Vietnam cuman 10 hari tanpa produk kecantikan apa-apa, jerawatnya bersih dong auto ilang semua, aneh beud :v keknya udaranya beda deh.

A. DOUBLE CLEANSING
MICELLAR WATER+FACIAL WASH

1. MICELLAR WATER: Garnier Micellar Cleansing Water Pink
2. FACIAL WASH: Cetaphil Gentle Skin Cleanser/Senka Perfect Whip Facial Foam

Cara pemakaian:
1. Tuang micellar water ke kapas, usap dengan lebut di wajah. Gosok-gosok dikit juga boleh.
2. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash. Tuang facial wash ditangan, gosok dengan lembut pada wajah. Bilas hingga bersih.

Review tipis-tipis

Micellar Water Garnier: enak si murah wkwk jadinya kalau pakai bisa sebebasnya tanpa tekanan batin dan tidak eman; selain itu menurutku cukup mengangkat kotoran kok. Makainya dituangin ke kapas lalu kapasnya di usap-usap kewajah. Nanti liat hasilnya di kapas, kalau ada hitam-hitam; sepertinya itu polusi yang nempel di wajah kalian. Kalau pakai makeup ya bakal nempel di kapasnya :v tapi aku pernah nyoba pakai makeup terus aku bersihin pakai micellar ini butuh 3x lebih si bolak-balik nuangin dan bersihinnya, itupun juga masih perlu di cuci muka lagi biar afdhol bersihnya. Itu pengalamanku ya barangkali aku kurang kuat gosok-gosoknya

Cetaphil Gentle Skin Cleanser: Ini enak juga kok, jangan kaget kalau pas cuci muka pakai ini gaada busanya karena dia memang tidak berbusa :v claimnya si kalau makai ini wajah jadi gak kering. Tapi sesungguhnya hamba tidak tahu cara bedain wajah sehabis cuci muka kering atau tidak itu gimana ya, rasanya sama aja aku makai produk lain-lain :v karena dulu aku hobi banget ganti-ganti sabun cuci muka sebelum aku tahu bahwasanya hal itu tidak baik untuk wajah. Hoiya dulu adikku jerawatan juga si terus gara-gara orang serumah ikut-ikutan aku makai cetaphil, gatau kenapa wajahnya jadi bersih. Ya itu klaim ku si yang selalu membanggakan prestasiku memilih produk yang tepat :v.


B. TRIPLE CLEANSING
CLEANSING OIL+MICELLAR WATER+FACIAL WASH

1. CLEANSING OIL: NIVEA Hydrating Cleansing Oil
2. MICELLAR WATER: Garnier Micellar Cleansing Water Pink
3. FACIAL WASH: Cetaphil Gentle Skin Cleanser/Senka Perfect Whip Facial Foam

Cara pemakaian:
1. Tuang cleansing oil ke tangan. Usap dengan lembut ke seluruh wajah. Bilas dengan air.
2. Tuang micellar water ke kapas, usap dengan lebut di wajah. Gosok-gosok dikit juga boleh.
2. Lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash. Tuang facial wash ditangan, gosok dengan lembut pada wajah. Bilas hingga bersih.

STEP 2
TONER

Prinsipnya fungsi toner selain untuk bersihin wajah juga si doi ini gunanya untuk menyeimbangkan PH. Kenapa? karena sehabis cuci muka pasti PH kita berubah, nah jadi istilahnya di netralin sama toner ini biar wajah lebih siap untuk tahapan skincare selanjutnya. Bahasanya si doi ini fungsinya jadi gerbang menuju jalan berikutnya; tanpa dia; semehong apapun skincare anda maka keefektifannya akan menurun. Jadi, jangan skip toner ya. Selain itu, toner ini tahapan skincare yang paling kusuka , udah nyoba beberapa toner punya ponds, garnier, somebymi, avoskin, entah kenapa aku selalu suka baunya; selalu enak bikin nagih. Tapi, akhirnya diriku memilih pada toner milik garnier. Engga si sebenarnya aku lebih suka toner somebymi snail truecica; baunya uenak parah yaAllah. Cuman setelah aku telisik ternyata kandungannya bertabrakan dong dengan produk skincare ku yang lain yang berbasis vitamin C :v kayak istilahnya kalau di kedokteran itu interaksi obat :v huhuhu gapapalah terkadang kita harus memilih pilihan yang tepat dan merelakan yang lain demi kebaikan bersama. Byebye toner siputku :v

TONER
Garnier Light Complete Milky Lightening Dew Toner

Cara pemakaian:
1. Tuang toner ke kapas. Usap dengan lembut ke wajah. Usahakan arah gosokan keatas ya biar kulit kencang.
2. Alternatif lain: Tuang toner langsung ke tangan. Usap dengan lembut ke wajah. Usahakan arah gosokan keatas ya biar kulit kencang.

Review tipis-tipis

Garnier Light Complete Milky Lightening Dew Toner: enak dan ringan banget diwajah serta terasa dilembabkan sama tonernya garnier ini. Teksturnya kentel si kayak ingus orang lagi pilek :v, tapi enak kok. Langsung dituangin aja kekapas atau ketangan(bebas metode apa, senyaman anda saja). Mungkin karena dia teksturnya kentel jadi kayak dikit aja udah cukup buat seluruh wajah. Selama pemakaian juga tidak ada hal aneh-aneh diwajahku.

STEP 3
ESSENCE/SERUM

Sebenarnya harusnya pakai essence dulu baru serum. Namun, karena aku bingung pakai essence apa jadinya belum punya wkkw. Serum dulu kali ya. Serum ini juga penting banget istilahnya "dewa"nya skincare salah satunya makai serum ini. Ceilah. Hati-hati juga ya milih serum jangan sampai salah memilih biar ga fatal-fatal banget di wajah.

SERUM
Serum Garnier Light Complete

Cara pemakaian:
1. Teteskan serum kewajah. Cukup 3 tetes saja di dahi, pipi kiri, dan pipi kanan.
2. Ratakan dengan lembut. Jika masih sisa, bisa dimanfaatkan untuk penggunaan pada leher.

STEP 4
KRIM PAGI/MALAM
Sebenarnya ini aku tidak terlalu merekomendasikan. Diriku juga sepertinya tidak akan me-repurchase produk ini. Letak perbedaan skincare routine pagi dan malamku juga hanya berbeda di krim yang digunakan. Kenapa aku tulis? karena biasanya krim dari klinik kecantikan akan memberikan krim pagi dan malam. Jadi, biar kalian tahu letak pemakaiannya saja.

KRIM PAGI
Garnier Light Complete Serum Cream
KRIM MALAM
Garnier Light Complete Sleeping Mask

Cara pemakaian:
1. Ambil seujung jari krim pagi/malam lalu ratakan di wajah dengan lembut.

STEP 5
PELEMBAB

PELEMBAB
Cetaphil Moisturizing Lotion Face and Body

Cara pemakaian:
1. Tuang ke tangan lalu usap dengan lembut ke wajah.

TIPS TAMBAHAN
Agar wajah dan tubuh tetap sehat dan bugar serta skincare lebih efektif, maka:

1. Perbanyak minum air putih
2. Olahraga rutin; sederhana saja bisa olahraga senam aerobik di rumah 30 menit sehari
3. Perbanyak makan buah dan sayur
4. Tidur cukup dan tepat waktu

Dulu aku pernah nonton di youtube salah satu prof. di Harvard yang meneliti tentang anti-aging, wajahnya awet muda sekali parah, ternyata rahasia beliau adalah olahraga rutin dan menghindari makan-makanan yang tidak sehat salah satunya adalah coklat, dsb. (aku lupa apa saja yang ku notice adalah coklat; karena aku suka coklat :v)

Bonus Produk Anti-Aging
Seperti yang aku tulis di awal tulisan ini; jadi ini produk anti-aging yang digunain ibuku(usia 48 tahun) dan sepertinya menampakkan hasil. Kalian bisa juga coba. Produknya bisa dibeli di sogo, matahari, dkk. Namun karena pandemi alangkah lebih baik jika beli online semisal di sociolla.

Untuk awalnya kalian bisa coba trial kit nya; untuk tahu apakah cocok di kulit kalian.

ANTI-AGING
SK-II PITERA FIRST EXPERIENCE KIT
Teridiri dari:
Facial Treatment Essence
Facial Treatment Clear Lotion
RNA Power

TIPS TAMBAHAN LAGI
Jika beli kapas untuk skincare, bisa gunain kapas yang tipis ya biar produknya ga kebanyak meresap dikapasnya, kan eman bgt :v
Plus jangan lupa iseng-iseng ngasih pelembab ke bibir; sebenarnya ini ngaruh ke biar bibirnya sehat aja gak pecah-pecah; bisa pakai produk vaseline lip therapy atau vaseline repairing jelly. Bebas si, produknya apa. Cuman karena aku punya nya itu jadi nyebutnya itu wkwk. Hoiya kelewat, sebenarnya ada skincare yang penting lagi yaitu masker wajah; ada mediheal face mask sheet, everwhite strawberry clay mask, dsb. Namun karena aku ngantuk jadi skip aja ya review masker.

Sekian, terimakasih. Mohon maaf jika ada kesalahan.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Gresik, 15 Desember 2020 (22:18)

Comments