Renungan Islam - Cara Mudah Belajar! IQRA! Bacalah! Bacalah! Bacalah!

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillah
Hai pembaca muslim!
Materi kali ini kita membahas salah satu ayat suci Al-Qur'an yaitu surat Al-Alaq ayat pertama. Ilmu ini saya dapat melalui ustadz Adi Hidayat yang bisa kalian simak juga ilmunya di youtube.

Selamat Belajar!


Seperti yang telah kalian ketahui ayat pertama sampai kelima surat Al-Alaq adalah wahyu pertama rasulullah yang turun di gua hira pada 17 ramadan tahun 610 Masehi. Saat rasulullah berjumpa dengan malaikat jibril yang meminta rasulullah untuk membaca "IQRA' ", rasulullah gemetar dan berkata bahwa beliau tidak bisa membaca. Namun, malaikat jibril mengulanginya hingga tiga kali. Pada saat pengulangan yang ketiga malaikat jibril membaca: اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
yang artinya "bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan". Seketika rasulullah langsung bisa mengulangi perkataan jibril.

Apa hikmahnya jika dipahami dari kejadian wahyu pertama ini turun?

Jika dilihat dari huruf IQRA' maka ada alif panjang setelah huruf ra'. اقْرَأْ.nah ini menunjukkan bahwa ada proses yang panjang. Hal ini sesuai dengan kejadian wahyu pertama turun. Ada proses dimana Rasulullah tidak dapat langsung mengulangi Malaikat Jibril.

اقْرَأْ "bacalah" Rasulullah tidak bisa
اقْرَأْ "bacalah" Rasulullah tetap tidak bisa
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ "bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan". Rasulullah langsung bisa

Nah itu menunjukkan bahwa jika hanya bacalah, bacalah, rasulullah yang buta huruf tetap tidak bisa. Namun ketika malaikat jibril meneruskan ""bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan" rasulullah langsung bisa. Kenapa? karena rasulullah melakukannya karena "dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan" atau bisa dimaknai beliau melakukannya karena Allah. 

Apa pelajaran yang dapat kita ambil utamanya sebagai seorang pelajar?

Jika kita sebagai seorang pelajar mengalami kesulitan saat belajar atau tidak mudah mengerti ilmu yang disampaikan oleh guru, maka lihatlah dan perbaikilah niat kamu saat belajar. Apakah sudah ikhlas melakukannya karena Allah?. Jika belum maka segera luruskan niat kamu agar ilmu yang Allah berikan menjadi berkah dan bermanfaat untukmu dan orang lain. InsyaAllah jika kamu menuntut ilmu hanya karena Allah semata maka tidak ada yang sulit untuk dipelajari dan ilmu yang telah kamu miliki akan sulit untuk dilupakan. Aamiin.

Sekian
Semoga bermanfaat!
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments