Cara Mengurus KRS yang Telat - Universitas Jember

Assalamualaikum Wr. Wb. Bismillah Yuk Saling Berbagi

Hai sobat seperjuangan Universitas Jember!. Awal semester datang lagi dan waktunya mengurus KRS. Namun, bagaimana jika telat mengurus KRS alias KRS belum disetujui hingga tenggat waktu yang ditentukan? Jangan khawatir, ini caranya!

Pengalaman ini aku dapatkan ketika semester 2 dulu. Sebenarnya aku tidak telah mengurus KRS, aku sudah mendatangi dosen pembimbingku sebelum masa KRS berakhir. Namun KRS ku belum disetujui oleh dokter pembimbing akademikku karena namaku tidak muncul di sister beliau. Alhasil KRS ku belum disetujui bahkan hingga melebihi tenggat waktu yang ditentukan. Tahukah alasannya kenapa? ternyata itu karena kesalahanku sendiri wkwk :DDD. Nanti akan kujelaskan dibawah sobat!

Sebelumnya --WARNING--
Pentingkah KRS itu disetujui? tentu saja penting! karena jika tidak, maka namamu tidak akan tertulis dalam absen perkuliahan, so sad:( tapi tenang saja, berkat tangan dan bulpen kamu tetap bisa menulis namamu sendiri di absen wkwk



CARA MENGURUS KRS YANG TELAT - UNIVERSITAS JEMBER

1. MENGURUS DI PIHAK DEKANAT
Disini fungsinya adalah kamu meminta pengarahan dulu dari pihak akademik dekanat. Waktu itu petugas akademik memintaku untuk mengurus di pihak sister pusat/rektorat karena sistem krs sister sudah ditutup dan tidak bisa diubah oleh pihak akademik dekanat. Nanti petugas akademik dekanat akan memberitahu nama pihak pusat/rektorat yang harus didatangi dan lokasinya dimana.

2. MENGURUS DI PIHAK REKTORAT
Lokasinya dekat wifi corner dan fakultas MIPA. Pokoknya belokan dekat lapangan UNEJ. Nanti tinggal menemui bapak yang diberitahu. Caranya? tinggal bertanya pada petugas yang disana:)
Nah disini bisa dibuka akses krs sister kembali, sehingga dosen wali/dosen pendamping akademik bisa melakukan persetujuan krs yang sebelumnya sudah terkunci karena batas waktu. Setelah krs sister telah dibuka kembali, mahasiswa bisa langsung menghubungi dosen wali.
Namun, hal tersebut tidak perlu dilakukan pihak pusat/rektorat karena ternyata alasan mutlak kenapa namaku tidak muncul di sister dokter pembimbing akademikku adalah... aku belum meng-klik tombol "meminta persetujuan dosen wali" :DDD wkwk jadi jangan pernah lupakan langkah sederhana ini sobat!

Oke itu caranya sobat, mudah sekali! Dekanat-Rektorat

Apresiasi pada kemajuan teknologi Universitas Jember :3

Maaf ya kalau ada yang salah, karena hal ini berdasarkan ingatan setahun yang lalu.

Pesan: Jangan mengundur-ngundur waktu mengurus KRS yang telat ya sobat! karena mengurusnya sangat mudah!
--Pengalamanku tidak boleh ditiru--WARNING 2--
Waktu itu aku mengurus KRS karena takut namaku tidak tercantum saat ujian (jangan ditiru:)) namun aku mengurusnya beberapa hari sebelum ujian. Alhasil absen perkuliahanku tidak masuk sempurna dan ada dua hasil berbeda di absen kuliahku (hasil satunya memenuhi untuk mengikuti ujian(berdasarkan data absen ujian diluar ruangan) dan hasil lainnya didata yang berbeda yang diterima dokter pengurus ujian adalah absen kuliahku tidak memenuhi untuk mengikuti ujian (sepertinya karena penyerahan absen dari pihak akademik ke dokter pengurunya masih data lama waktu aku belum mengurus KRS ku), hal terburuknya adalah aku tidak boleh mengikuti ujian. Namun, alhamdulillah karena dokter pengurus ujian baik hati dan aku memang sesungguhnya 100% selalu datang kuliah. Selain itu, absen perkuliahanku kurang karena beliau berpikir mungkin kesalahan sistem sister unej (padahal sedikit banyak salahku juga wkwk). Jadi, alhamdulillah aku bisa ikut ujian dengan komputer cadangan! so happy! tapi ya dampak buruknya mental breakdown sebelum ujian wkwk jadi tetaplah jangan ditiru :)

Oke! itu pengalamanku sobat! pengalaman hadir sebagai pembelajaran agar tidak terulang kembali dan hadir pula sebagai pelajaran berharga bagi orang lain!

Aku menulis ini karena aku tidak ingin melupakan proses hidupku wkwk walaupun sedikit bar-bar tapi entah mengapa memori itu penting! apalagi akhir-akhir ini aku merasa ingatanku tidak sekuat dulu jadi aku tidak ingin ada yang dilupakan walaupun sedikit *kecuali pengalaman yang memang wajib dilupakan!

**_**
Tidak ada kaitan dengan tulisan diatas-Hanya mencurahkan pemikiran dalam tulisan-
QUOTES-MOTIVASI-
Diriku penuh dengan kekurangan tapi dari hal tersebut aku belajar menghargai prosen dan bertekad untuk berkembang. Jangan menyerah pada hasil yang mungkin adalah ujian dan peringatan. *Try so hard

Ada suatu hal yang aku dapatkan dari orang lain yang baik hati dan dulu membuatku bingung untuk apa dia seperti itu. Ternyata...
Tetap berbuat baiklah apapun yang terjadi pada siapapun dan kapanpun. Berhenti mengharapkan pembalasan yang sama pada orang yang sama dalam bentuk yang sama, karena kebaikan pasti berbuah kebaikan. Seperti firman Allah dalam surat Al Isra ayat 7 "Jika kamu berbuat baik (berati) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri." Jika memang orang tersebut tetap berbuat jahat walaupun kamu sudah mencoba untuk berbuat baik, jangan khawatir! karena kebaikanmu akan dibalas oleh orang lain dalam bentuk yang mungkin jauh lebih hebat daripada perbuatanmu! Bonusnya! Mungkin orang lain yang lainnya bisa termotivasi tanpa sepengetahuanmu untuk berbuat baik pula, persis seperti yang telah kamu lakukan.
Banyak orang baik didunia ini! Terkadang ada memang hal yang diharapkan namun tidak terwujud dan ada pula hal yang dibutuhkan tanpa diminta! 
Yuk saling mengingatkan --menulis karena ingin menampar diri sendiri--

Ibrila Asfarina Ahmadah
07 Januari 2020

21:59

Comments