Cukuplah Allah #TerinspirasiKisahNabi - Renungan Islam

Assalamualaikum Wr. Wb. 

Bismillah! Yuk saling berbagi

Tulisan ini berawal dari diriku yang terbangun dari ketiduran di siang hari sehabis ujian dan laptopku masih setia menemaniku memperdengarkan ceramah salah satu guru kita, ustadz Hanan Attaki. Diriku yang masih malas untuk bergegas bangun dari tempat tidur, tanpa sadar berusaha memahami setiap ucapan beliau. Terkadang beliau melantunkan ayat suci Al-Quran dengan suaranya yang luar biasa. Sungguh indah.  

Secuil cuplikan ceramah beliau yang berhasil menyentuh sanubariku :') 

Kutulis lagi ala pena ya!

Pasti kalian semua pernah bertanya pada diri sendiri ketika kalian menghadapi sebuah masalah atau ujian, "salahku apa ya? kenapa aku dapat ujian sebesar ini? kenapa harus aku?."

Kalau tidak pernah berpikir seperti itu, ya Alhamdulillah, tapi kalau iya, berati kalian melakukan hal yang sama denganku.



Allah tidak akan menguji hambanya diluar batas kemampuannya. Pasti kata-kata itu seringkali kalian dengar. Tapi memang benar, salah satu tanda kasih sayang Allah kepada hambanya adalah hadirnya ujian. Seorang hamba yang ingin membuktikan dirinya bertakwa, pastilah bukan hanya sekedar rajin sholat, namun juga tentang apakah ia tetap percaya dan mengandalkan Allah ketika masa sulitnya. Jika mampu melewatinya dengan indah dan berhasil membuat Allah percaya, pastilah gantinya jauh lebih luar biasa dan hadir dengan cara yang tidak terduga.

Al-Quran mengisahkan tentang kisah-kisah nabi sebagai pembelajaran bagi kita. Masih ingat dengan kisah nabi Zakaria? beliau tidak pernah berputus asa berdoa kepada Allah walaupun sudah lama sekali tidak dikaruniai anak. Berkat kegigihannya berdoa dan ketakwaannya yang luar biasa, Allah mengkaruniakan anak yang nanti juga akan menjadi seorang nabi. Bahkan Allah juga memberikan nama bagi anak itu yaitu Nabi Yahya dengan segala akhlaknya yang luar biasa. Nabi Yahya juga kelak akan menjadi penduduk surga. MasyaAllah hebat sekali kan? semua itu berkat kesabaran nabi Zakaria, hikmahnya disini jangan pernah berhenti untuk berdoa jika kamu mendapatkan masalah atau ujian. Tetaplah berdoa apapun yang terjadi dan selama apapun. Cukuplah Allah sebagai penolongmu yang menguatkanmu! 

Cerita selanjutnya dari nabi Idris, tahukah kalian jika nabi Isa diangkat kelangit lalu akan diturunkan lagi ketika akhir zaman, kisah lainnya adalah nabi idris yang merupakan satu-satunya manusia yang diwafatkan di langit kelima. Sebenarnya aku tidak tahu pasti ceritanya bagaimana, takut salah nulis, intinya nabi Idris itu jujurnya luar biasa hingga Allah benar-benar percaya dengan beliau.

Selanjutnya ada nabi Ibrahim, wah cerita beliau sungguh menginspirasi dan banyak pelajaran yang bisa diambil. Mulai dari masa mudanya ketika beliau dibakar namun api tetap terasa dingin hingga akhirnya beliau hijrah dari Iraq ke Palestina bersama istrinya yang cantiknya luar biasa yaitu Sarah dan pengikutnya yang kelak akan menjadi nabi yaitu Nabi Luth. Nabi Ibrahim ini pada awalnya tidak memiliki anak dari pernikahannya dengan sarah. Hingga akhirnya Sarah menyarankan beliau untuk menikahi Siti Hajar. Siti Hajar disini menurut riwayat yang kuat adalah anak kesayangan seorang raja yang dititipkan ke Nabi Ibrahim. Hal ini dikarenakan sang raja sangat kagum dengan Nabi Ibrahim dan ingin anaknya belajar kebijaksanaan dari beliau. Jadi, Siti Hajar bukanlah seorang budak namun anak raja. Setelah mendapatkan petunjuk dari Allah, Siti Hajar dan Nabi Ibrahim kemudian hijrah dari Palestina ke suatu lembah di Mekkah. Perjalanannya kurang lebih diibaratkan dari Jakarta-Surabaya tapi dengan jalan kaki. Kemudian, nabi Ibrahim pergi dan meninggalkan Siti Hajar dan Ismail kecil. Siti Hajar ini memiliki kesholehan yang luar biasa, beliau ikhlas jika itu perintah Allah. Nah, pasti kalian tahu kan kisah tentang air zam-zam? yaps! berawal dari Siti Hajar yang kebingungan dan panik mencari air untuk Ismail kecil hingga naik turun bukit. Kemudian terpancarlah air zam-zam yang berkahnya masyaAllah. Kenapa berkah? karena air zam-zam ini keluarnya dalam jumlah yang mencukupi dan tidak berlebihan bahkan hingga saat ini. MasyaAllah. 13 tahun kemudian Nabi Ibrahim mendatangi Siti Hajar dan Nabi Ismail. Bayangkan 13 tahun, tapi kesholehan Siti Hajar memang luar biasa begitu pula anaknya Ismail yang berhasil dididik dengan baik oleh Siti Hajar. Kisah pun berlajut hingga peristiwa yang kalian semua tahu, kisah yang melatarbelakangi Idul Adha. Oke! disini hikmah yang bisa diambil adalah sabarlah apapun yang harus dihadapi, percayalah jika itu memang perintah dari Allah maka pastilah itu yang terbaik! jalan dari Allah memang luar biasa!

Terkadang ketika aku belajar materi di perkuliahan, aku selalu terkagum dengan perintah dan larangan Allah tentang banyak hal yang ternyata justru itu memang yang terbaik untuk jiwa dan raga kita. Memang luar biasa!

Jadilah versi terbaik dari dirimu! jangan menyerah dengan keadaan, ujian akan berbalik menjadi berkah jika kamu mampu melewatinya dengan kesabaran dan keikhlasan. Pelan-pelan tapi pasti Allah akan memperbaiki hidupmu kearah yang terbaik. Dari banyak ujian kamu pasti belajar banyak pelajaran hidup dan juga kedewasaan yang tidak bisa didapatkan secara teoritis saja! Berjuang bersama!

Dari diriku yang duduk dikosan di tengah hecticnya corona, sehat selalu ya! Jagalah dirimu!!

Kebahagiaan akan hadir ketika belajar mengikhlaskan. Ikhlas memang sulit karena tidak hanya terucap dibibir, tapi biarlah waktu yang mengobati.

Jember, 18 Maret 2020(16:44)

Ibrila Asfarina Ahmadah


Comments