Jangan takut sama masa depan

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bismillah Yuk Saling Berbagi

Tadi aku nonton youtube (setiap hari sebenarnya), video random, dan tiba-tiba aku suka dengan kalimat; "sekolah itu mengajarkan cara menghafal bukan kreativitas. Anak yang pinter di sekolah adalah anak yang pandai menghafalkan. Bukan berati kamu mendapat nilai jelek di sekolah maka kamu bukan anak pintar."

Yah, aku jadi nostalgia masa-masa di sekolah dulu.
Aku lupa sejak kapan aku merasa diriku pintar dan bodoh.
Semasa sekolah, kalau berdasar ingatanku, aku tidak pintar dan tidak ada yang dibanggakan :'v. wkwk

TK
TK Negeri Pembina, mungkin aku sekolah disitu dulu karena deket sama rumah. Tapi, setelah kutanyain ke ibuku, ternyata se simpel kepsek nya itu istrinya temennya ayahku :v random banget emang :'v
Waktu TK, aku masih inget ibuku pernah bilang. Waktu awal masuk, aku sama sekali tidak bisa nulis. Temen-temenku yang lain pada bisa nulis waktu awal masuk. Lalu, guru TK ku ngajarin aku, terus beliau kagum cepet banget aku belajarnya. Dalam waktu 2 minggu aku udah bisa nulis. Aku gatau itu termasuk cepet atau emang normal :v yah, tapi setidaknya aku tidak membuat ibuku terlalu malu kan ya dan at least ada yang dibanggain dari aku :v. Semasa TK, kalau dilihat-lihat rekam jejakku, aku bukan anak yang hebat. Biasanya kan anak TK selalu juara menggambar, tebak? tentu saja aku tidak menang. Jangankan menang, ikut saja tidak :v Hal yang kuingat, aku ikut nari pakai baju kepala kodok ijo bareng-bareng sama anak TK lain :v dan bahkan aku masih inget puol, gatau kenapa ingatan ini bisa nempel. Jadi, waktu latian nari di tempat kumpul, ruangannya warna putih, ada 2 kelompok dan aku kesel kenapa aku dimasukin kelompok yang besar aka gendut, padahal dulu aku merasa kurus :'v hahahaha. Dan pada kelompok itu aku dibarisin paling depan karena kecil secara ukuran badan. Dan disitu aku kezel :'v aneh emang aku. Hal lainnya mungkin aku ikut kayak marching band, aku lupa alatnya apa namanya pokok diketuk-ketuk dan disitu aku pingin yang bagian megang tongkat nari-nari. Aku gatau kenapa selalu iri hahahahah kayak bakat dari kecil tidak puas dengan apa yang dimiliki :'v padahal kalau aku ngeliat foto TK ku pas main alat itu kayak keren padahal kamu, Rin. Sekarang mah lupa, nama alatnya aja lupa apalagi nada-nadanya :v. Yah, aku juga gataw kenapa dari kecil gasuka di foto. Aku masih inget dulu pokok aku gamau di foto waktu hari kartini padahal udah makeup cantik-cantik ke salon pake uang kan ya bund :v. Dodol ncen bocah kek aku iki. Yah, tapi itu sampai besar sih, kalau jalan-jalan aku jarang banget foto, bahkan pernah waktu itu ga foto sama sekali, waktu jalan-jalan ke daerah Jogja dan Malang, karena aku merasa wis bolak-balik mrono lapo foto-foto. Yah, kedodolan hingga besar. Mungkin karena dulu pemikiranku sempit kali ya, berpikir lapo se foto, gawe pamer ta, ikilo aku wis tau mrene, keren toh. Tapi sekarang aku lebih jauh memahami arti dari foto bukan cuman untuk ditunjukin ke orang lain tapi lebih kearah ditunjukin ke diri sendiri di masa depan, jauh lebih dari sekedar kenang-kenangan biasa, tapi seolah berbicara dan melemparkan ingatan-ingatan. Kayak kamu jadi jauh lebih mudah mengingat suatu hal yang hampir terlupakan. Hanya dengan melihat fotonya lagi, semua memori itu bakal teringat kembali. Suatu momen yang mungkin suatu hari nanti tidak akan terulang lagi dengan orang yang sama.
Yah begitulah. Pokok ngono.

SD
SD NU 1 Trate Gresik, kenapa milih sekolah ini? kalau aku tanya ke ibuku sih karena ibuku berkeyakinan pokok kalau SD harus sekolah agama, SD itu dasar jadi biar ada landasan agama yang kuat. Kalau SMP, SMA gapapa negeri. Yah, tapi setelah melihat produk jadinya seperti diriku ini, mungkin suatu hari nanti kalau aku ada rezeki punya anak, pengen banget nyekolahin anakku SD, SMP,SMA di sekolah agama :'v. Pingin seolah bilang ke anakku di masa depan; "wes ta nak, sekolah agama ae, gapopo ga negeri, ibumu biyen yo sekolah negeri lali kabeh pelajarane saiki, menyesal gangerti opo-opo soal agama. Disuru nyeritain sejarah islam ae paling gelagapan." Ya, walaupun sekolah agama atau negeri ga menjamin tingkat agama seseorang karena semua itu ya tergantung orangnya, tapi setidaknya ada chance untuk jadi lebih baik. Ada chance untuk setidaknya tahu "ilmu" nya lebih banyak. Ada chance untuk setidaknya lingkungannya mendukung entah dari teman atau gurunya untuk jadi anak yang lebih baik. Kalau ngeliat diriku sekarang kok yo ngenes seru. Pengen setidaknya punya anak seorang hafidzah kuliah agama entah di Mesir ta Saudi Arabia ta endi sembarang pokok seng ojok duniawi nemen-nemen koyok aku ngene :'v. Be e rezeki ya kan. Siapa tahu wkwk. Kok jadi bahas ngene seh :'v ngalur ngidul. Aku masih inget sih pas tes masuk SD, ngerjain soal MTK, dst aku lupa si wkwkwk yang kuinget aku kayak ketakutan jawab waktu salah satu guruku nanya. Dan waktu SD, beliau jadi guru favoritku. Kalau di rumah, ayah mesti bilang, hayo jare sapa, jare pak.... ya. WKWK karena aku belajar banyak banget ilmu agama dari beliau dan gatau kenapa kayak nempel erat ampe sekarang :'v tapi, jujur aku takut ama beliau :'v sehat selalu ya pak.
Waktu ketrima SD sih aku ga pinter-pinter amat, Alhamdulillah bisa ketrima aja yah walaupun peringkat ketrimanya pertengahan mendekati akhir-akhir wkwkwk jadi sejak awal emang ni bocah ga pinter :'v jadi ada 3 kelas dan aku masuk 1B (berdasar urutan)
Aku masih inget banget rangkingku waktu SD, kayak roller coaster, kadang diatas, kadang dibawah. Ga stabil pokok bocah kek aku iki. Pertama kali rangking 11 terus semester berikutnya naik jadi 3. Terus turun lagi 12, lalu naik lagi jadi 4. Yah pokok naik turun. Sampai akhirnya waktu kelas 4 aku masuk di kelas unggulan. Dan waktu masuknya pakai test, untuk pertama kali dan satu-satunya dalam hidupku aku rangking 1. hahaha masih keinget karena satu-satunya. Maklum orang noob :'v. Sejak SD aku sering buanget gagal sih, ikut lomba MTK, IPA, cerdas cermat, aku kalah terus. Jadi, mentalku udah kedidik sejak bocil untuk jadi orang yang kalah lomba terus hahahahah :'v kadang aku sempet malu, duh ojok milih aku po o, ngelek-ngeleki jeneng SD ae :'v yah sejak kecil emang bocil insecure wkwkkw sampe aku masih inget waktu itu kayak lomba seleksi sains dan waktu seleksi tinggal aku sama temenku(buat nentuin yang ikut lomba siapa), terus aku malah seneng waktu temenku yang kepilih :'v
Sisi positifnya dan hikmahnya, setidaknya mungkin karena sudah terdidik sejak bocil yang kalah terus ikut lomba bidang macem-macem, sekarang waktu dewasa kalau kalah lomba atau gagal mendapatkan suatu hal yang aku impikan, aku kayak slow ae :'v wis terbiasa gagal soale hidupku wkwkkw Masa SD ini menurutku indah banget sih, gatau suka aja. Kayak kalau tiba-tiba ingatan itu muncul di kepalaku, aku gak insecure/malu lapo aku ngono. Yah mungkin karena aku masih polos dengan penyakit hati yang minim :'v atau mungkin karena pas SD masa-masa sinau agama akeh seru dan mbari sekolah, ada waktu tambahan ngaji di sekolah :'v mulih sekolah, ngaji maneh ndek TPQ. Berkah be e uripku pas bocil :'v

SMP
SMP Negeri 1 Gresik, standar banget seh SMP-ku, yah walaupun dulu aku masih inget pengen banget masuk SMP iki, doa macem-macem ben ketrimo. Akhirnya ketrima, seperti biasa karena aku tidak terlalu pintar jadinya urutan ketrimone yo rodok pertengahan wkwk. Pas SMP apaya yang bisa dibanggain? hmm paling pas tes IQ dan IQ ku tertinggi sak kelas. Tapi, aku gatau kenapa pas aku gede saiki, aku merasa IQ ku ga berkembang wkkwkw aku tahu si kemungkinan alasannya apa, cuman malu ngakuin :'v terlalu aib :'v. Rangkingku yo standar ae paling masuk 5 besar ben semester(somb bgt). Ga ga iku hasil nyontek kok :'v aku pas SD dan SMP doyan nyontek dan nyonteki wong :'v kayake dosaku pas bocil adalah mencontek. Sebenarnya waktu SMP, aku lebih banyak belajar arti kehidupan. Pertama kali, aku tahu rasanya kehilangan sahabat yang benar-benar aku percaya bertahun-tahun( ya kan masalahe anak bocil masih seputar teman). Yah, darisitu aku belajar bahwa tidak selamanya orang itu bisa sefrekuensi sama kita. Nek dipikir-pikir maneh aku kehilangan akeh hal yo wkwkkw. Mungkin gimana ya, nek dibilang bullying yo gak, koyok lebay gitu alias biasa ae gaonok seng ganggu aku sampek kekerasan secara fisik, cuman mungkin lebih kearah aku ga nyaman aja waktu kelas 7 dan 9 SMP. Ya jenenge juga hidup mosok sesuai dengan apa yang kita inginkan terus :'v Hikmahnya, mungkin aku jadi lebih peka dengan orang lain :) dan merasa sangat bersyukur kalau ketemu orang-orang baik :) itu penting sih menurutku :'v

SMA
SMA Negeri 1 Gresik, yaya umum bgt anak Gresik sekolahe mbari SMPN 1 lanjut ke SMAN 1. Gimana ya bisa dibilang SMA iki manis-manis rodok pahit wkwk. ya ada manise, ya ada pahite. Beragam lah pokoke dari berbagai aspek. Tapi, aku mulai tobate pas SMA ini sih, Alhamdulillah. Mungkin karena faktor lingkungan pertemanan juga. Nek diceritakno dowo males ngetike wkwk wis mulai bosen nulis soale wis mayan dowo :'v Tapi, disini mungkin ada hikmah yang bisa diambil sih, dulu aku pengen bgt masuk kelas CI (Cerdas Istimewa), tapi ternyata IQ ku ga cukup :'v mek 126. Kakean duso koyoke aku :'v. Biyen sampe nangis alay tapi sekarang aku bersyukur banget puol sih gaketrimo wkwkkw. Akhirnya aku masuk MIPA 7, istilahe bawahe CI lah ya (kalau CI didasarkan IQ, kalau ini didasarkan nilai). Tapi, pas SMA aku wis tobat masalah mencontek, suangat jarang hampir tidak pernah nyontek. Pokok tobat drastis. Kalau ada bocoran soal walaupun hampir semua anak sekelas baca bocoran, aku milih ga baca. Keren gase aku wkwkwk bangga menjadi bocah jujur! (guaya padahal pas SD dan SMP tukang nyontek).
Oh tebak ferguso, apakah aku pintar? rangking bagus? oh tidak tentu tidak wkwk aku gangerti kesambet opo, awal-awal jek apik yo jek masuk jajaran teratas. 5-10 besar. yah drama hidup, as always, jeblok drastis wqwqwq jadi rangkin 26 mbo 27 mbo lali pokok 10 besar dari bawah. ahahahha. Apakah aku memperbaiki diriku? yo pasti berusaha lah ya, tapi tambah jeblok wkwkkwkwkwkw. Tapi, yo yowis. Mungkin pas awal dapet rangking 20-an kaget kan ya aku nangis-nangis. Tapi, semester berikute aku kayak bodo amat :'v wis kebal wkwk. Paling seharuse aku didepak teko MIPA 7 nek ndelok nilaiku, cuman karena waktu itu kayak ada kebijakan dari sekolah jadinya sekelas ga ada yang diganti, temennya tetap cuman nambah 1 waktu kelas 12. Alhamdulillah :") mungkin Allah masih pingin aku melanjutkan taubatku dengan vibe lingkungan yang baik :') wkkww
Percaya gasi pakai nilai pas-pasan itu aku asal daftar ae ndek FK dan dodole ancen makhluk kek aku duweni percaya diri tingkat dewa. Pingin daftar UNAIR dong gueblek ncen :') yo jadi tim HORE ae nambah-nambahin jumlah pendaftar snmptn FK Unair. Blablabla aku wis bolak-balik wara sih ndek blog iki pokok akhirnya aku daftar UNEJ :). Tak kencengi ae dungoku, pasrah sih lebih tepate wkwk, wis pokok aku selama SMA ini ngerjain soal ujian entah ulangan harian, UTS, UAS, USBN, UN berusaha sejujur mungkin, kalau kata guruku orang jujur itu beruntung :). Ajaibnya makhluk yang pernah jadi rangking 5 besar terakhir dikelas ini ketrima dong wkwkwkkw alhamdulillah :) paleng nek daftar SBM aku belum tentu ketrimo :)

Kuliah
FK UNEJ, yah ini tahun-tahun drama pol tingkat dewa wkwkwkwk pertama kali dalam hidup stress puol mungkin sempat ada masa-masa depresi juga wkwk sebenarnya masalah nya bukan dari FK UNEJ, tapi dari luar FK, dan gamungkin aku crita sembarangan. Hanya satu orang temenku yang tahu masalah iki, nang sahabatku dewe ae aku gatau crito, sedeket apapun gabakal aku crito karena masalahnya terlalu sensitif :( kecuali nek de e ngerasakno bedo maneh si cuman ojok sampe lah ya :') cukup aku ae. Gapapa banyak pol hikmah. Duh males nulis se wkwkwk kapan-kapan ae wis bengi pingin turu :( sekarang pokok aku gapengen menyalahkan keadaanku pada waktu itu yang nyebabin hidupku sempat melenceng hampir setahun wkwkk gapopo jenenge urip mung koyok ngono
Yah siapa tahu kan walaupun nilaiku jeblok, blok 5-9 remed trs wkakakak, but at least siapa yang tahu masa depanku wkwkw siapa tahu aku beruntung. Pasrah ae mbek Allah jalan hidupe piye, be e orang dodol iki isok daftar PPDS :) nek gaisok yo be e aku isok jadi investor saham sukses ta dadi pengusaha klinik kecantikan, ta dadi youtuber ta dadi peneliti sukses ahahah siapa yang tahu rahasia kehidupan. Nek bukan karena Allah, aku juga gamungkin bisa kuliah disini :) Allah adalah perencana terbaik, wis tugasku mung pasrah :DD

yah walaupun secara teori nek wong stress bisa ngecilin hipokampus (kaitan dengan serotonin mbo lali piye mekanismene) dadine ga mudah mengingat, emang bener se wkwk aku ngerasa kek gitu :"v dadi lalian pol tapi entah kenapa aku bersyukur aja, dulu kek bisa nginget momen detail pol tingkat dewa sekarang kek lali aku mbari lapo yo :v oh gausah dieleng tambah garai stress dobel :v gapapa terkadang itu lebih baik, yah pokok sekarang aku ingin meminimalisir kegiatan apapun yang berpotensi membuat drop :v 2 hari yang lalu ae nangis semalaman sampe mataku benjol atas bawah dan loro nek melek :v ya gapapa hidup oh hidup :v wis mandek sambate, Rin!

dari seseorang yang mencoba terus apapun hasilnya !!

IBRILA ASFARINA AHMADAH
Jember, 01 Februari 2021 (22:09)

Comments