Kuliner sekitar Kampus Universitas Jember

Sebuah postingan apresiasi untuk tempat makan yang menyelematkan lidah, perut, dan dompetku selama kuliah 3,5 tahun di Universitas Jember. Mon maap mungkin makan dan minum-nya terbatas, karena saia gampang cocok dengan makanan dan minuman, dan sekalinya suka bakal beli menu yang sama selama berminggu-minggu sampai benar-benar bosan (dan masalahnya jarang banget bosan a.k.a butuh waktu luama :)), jadi masih belum eksplor terlalu banyak. Tapi, moga membantu buat manusia-manusia yang baru singgah di Jember ya utamanya daerah disekitar kampus!!

-KULINER SEKITAR KAMPUS UNIVERSITAS JEMBER-

1. Mie Nyemek Pak Nder
Buat kalian pecinta mie, wajib banget cobain mie nyemek pak Nder. Sebenarnya, aku gapaham ini nyemek-an dari mie instan atau dari mie biasa a.k.a bukan mie instan. Tapi apapun itu, rasanya nagih bgt. Berhari-hari aku makan ginian dong :'V sungguh tidak sehat, tapi gatau kenapa buat mood naik. Mungkin karena ku pecinta mie yang jemek, lebih enak aja kalau matengnya overload. Pilihan toppingnya beragam, ada telur dan ayam. Selain itu, ada menu lainnya juga (tapi, aku gapernah nyoba sih). Harganya start from 8K aja buat yang mie nyemek ori tanpa topping, murce gasi. Wokii kalian bisa langsung cus ke outlet-nya di Jalan Danau Toba. Kalau dari Jalan Kalimantan, lurus aja, nanti outlet-nya ada di kiri jalan. Kalau mager, bisa delivery lewat wa/line, ongkirnya 2k aja.

2. Nasi Pecel depan Hotel Ebizz
Sebenarnya nasi pecel di sekitar kampus banyak pake bgt dan aku pernah merasa ketagihan pada semuanya (ketagihan ini berati aku makan hal yang sama selama berminggu-minggu, percayalah pecel dimana-mana rasanya kenapa enak semua). Tapi, yang paling ter-debest yang patut kalian coba nasi pecel depan hotel Ebizz. Worth it sii dengan harga dan rasa. Awal aku nyoba kayak B aja, tapi gatau sekarang lumayan bgt rasanya, harganya SANGAT PAS di kantong mahasiswa, penyelemat uang kalian. Bapaknya jualan di mobil kijang abu-abu. Harga pecel ori tanpa lauk start from 5K doang, bisa tambah lauk seperti perkedel, ayam, telur, dendeng, dsb. Cus aja, tapi buka-nya pagi jam 6-an sampai siang gasampai jam 12, cocok bgt buat sarapan.

3. Tahu Tek Pak Gino
Tahu tek yang menurutku worth it si antara harga dan rasa (selama aku menemukan ini di Jember), rasanya enak. Tapi ramenya masyaAllah bikin gregetan, pernah antri sejam lebih pas malem-malem sampai aku lupa ada kuliah onlen. Triknya beli di tahu tek Pak Gino adalah pas maghrib langsung segera sholat dan berangkat menuju lokasi, kalau telat dikit, ampun antri-nya. Sebenarnya dulu gaterlalu suka tahu tek tapi karena ibu pecinta tahu tek jadinya gatau kenapa aku jadi suka, padahal aku kalau makan bumbu kacang pedes besoknya pasti diare WKWKW. Harganya start from 10K, isinya telur, lontong, tahu, dan bumbu ofc. Aku gatau kenapa kalau di Gofood menunya bisa beragam, tapi kalau di outlet-nya kayak semua orang sama semua bayar 10K. Lokasinya di jalan Sumatera, kalau dari Jalan Kalimantan, lurus aja nanti ada di kiri jalan, bapaknya di gerobak nongkrong pokok depannya ada plat hijau. Yabegitulah.

4. Mie Ayam Wonogiri Sumatera
Ini subyektif sih karena aku pecinta mie ayam :v awalnya dulu aku nyoba yang dicabang mastrip dan super B aja, tapi pas itu aku pesen gofood mie ayam wonogiri yang di Jalan Sumatera dan surprisingly kok enak, dan aku baru sadar ternyata mereka SAMA :V hanya berbeda cabang, bahkan ada yang dicabang di Jalan Karimata. Aku sampai 3x kelokasi dan ketepakan tutup, kesel gasi :VVVV pernah aku dateng jam 9-an pagi dan bener-bener sudah buka ada pegawainya dan mienya, tapi orangnya bilang nanti jam 10 baru buka. Oke aku sabar :v. Lokasinya di Jalan Sumatera, kiri jalan kalau dari arah Jalan Kalimantan, pokok sebelum mie gacoan.

5. Pizza Danau Toba
Pizza murah, enak, worth it bgt, wajib coba. Sebenarnya pizza paling enak dekat bunderan DPR, buka-nya pas malem doang, tapi entah kenapa sekarang tutup terus hiks, padahal aku suka bgt. Pizza di Danau Toba ini harganya start from 15k (4 slice, toppingnya sosis), ada menu lain seperti donat tapi aku gapernah nyoba. Lokasinya depan kantor PKB NU kalau ga salah, pokok kalau dari Jalan Kalimantan lurus aja, terus kiri jalan ada mbak-mbak penjual pizza di gerobak kotak.


Yaudah gausah banyak-banyak, intinya adalah makanan enak menurutku adalah makanan yang murah WKWKWK. Di Jember untungnya makanannya terjangkau semua. Paling seru, makan sambil duduk dipinggir jalan pas malem-malem, sambil ngeliatin motor lalu lalang, vibes-nya undeniable. Daridulu gasuka makan di tempat fancy merasa bersalah dengan uangku. Masih inget pas dulu, gegara ayah dan ibu ngajak makan di restoran terus-terusan, dalam hatiku kesel bgt (aneh emang aku), akhirnya makannya sambil sangat tidak ikhlas dan aku balak dong :'v keselek duri ikan. Sebenarnya aku sering banget kemakan duri pas kecil, tapi dikasih nasi, sudah auto ilang. Tapi, itu bahkan kuberi nasi sebanyak apapun, masih berasa sakitnya. Aku ketakutan dong :'vvvv berasa aku takut mati, durinya menerjang. Akhirnya dibawa ke Dokter spesialis THT di RS, bahkan sampai di rontgen, aku overthinking takut operasi :v, ternyata durinya gaada, antara malu tapi harusnya bersyukur. Akhirnya dikasih obat banyak bgt gapaham gue :v mungkin karena swasta kali ya :'v, pas aku minum satu kapsul langsung ilang sakitnya, ANEH BGT, akhirnya aku gaminum semua obatnya. Funfact harga berobatnya lebih mahal daripada harga makanannya :v sejak saat itu aku tidak mau kesal lagi dan harus bersyukur dimanapun aku makan :DDD nikmati saja. Lagipula, suatu hari nanti kamu akan merindukan momen itu, karena ada hal-hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, yaitu waktu kebersamaan dan pengalaman.

#ChoosetoBeHappy
#MakanMakan

Jember, 9 Januari 2022 (17:48)

Ibrila Asfarina Ahmadah

Comments