Tips Mencari Jurnal Cepat dan Akurat untuk Tutorial

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai hai hai!!
Sobat! Pasti saat kuliah, kalian disarankan diwajibkan untuk membaca jurnal. Jurnal adalah kebutuhan mahasiswa. Kenapa jurnal? karena jurnal dibuat dengan penelitian mendalam dan terjamin isinya(untuk jurnal-jurnal tertentu ya!). Nah, lalu bagaimanakah cara mencari jurnal yang baik dan benar dengan cepat dan akurat? (dalam artian menjawab pertanyaan, apakah jurnal ini bisa dijadikan rujukan serta bahan pembahasan?).


Sebelum lanjut,
DISCLAIMER (Untuk memberi batasan dan tidak terjadi kesalahpahaman)
Ilmu yang baru saja aku dapatkan ini kuniatkan tertulis dalam pena supaya tidak hanya teringat dalam ingatanku saat ini saja. Aku harap tulisan sederhana dengan ingatan sederhana ini bisa teringat oleh diriku di masa mendatang dan "semoga" bermanfaat untuk kalian. Bagiku, ilmu ini luar biasa! karena aku mendapatkannya dari dosen pembimbing akademikku! (panutan atas kepeduliannya;)) Tips ini "mungkin" dan "semoga" berguna bagi kalian yang membutuhkan referensi bahan tutorial (jurusan kedokteran, dan sebagainya)dari jurnal secara cepat dan akurat. Mungkin ini akan bermanfaat bagi kalian yang masih pemula! (karena yang menulis juga masih sangat pemula , cmiiw, yuk saling melengkapi!!)

Ini yang kuingat ya!!

Kita langsung contoh praktek langsung, seperti yang kualami!

1. Nah, sekarang coba tunjukkan bagaimana mencari bahan(sumber) untuk penyakit "pneumonia"

Kalian bisa cari dengan kata kunci PNEUMONIA PDF (Imbuhkan kata pdf ya! tips#1)

Sudah ketemu?
Pastikan jurnalnya telah terbit maksimal 5 tahun ya!!!

Nah TIPS#2 jika kalian menemukan salah satu sumber rujukan (jurnal/buku) dan ternyata menemukan sumber rujukan yang membahas tentang "penatalaksanaan"(seperti gambar dibawah); untuk menambah pemahaman kalian tentang pneumonia; sebelum kalian searching tentang pneumonia alangkah baiknya jika kalian membaca terlebih buku patofisiologi dari penyakit tersebut sehingga ilmu yang didapatkan bisa jauh lebih maksimal.

Oke, ini salah satu yang kutemukan sebagai contohnya (pneumonia) !


Kalian juga bisa mencari referensi dari google scholar, ncbi, pubmed, dan lainnya!!

2. Lanjut, kalian coba temukan bahan (sumber) untuk penyakit gagal jantung!

TIPS#3 jika kalian ingin mencari data untuk epidemiologi penyakit, kalian bisa mencarinya dari departemen kesehatan!

Oke, ini salah satu contoh yang aku temukan untuk penyakit gagal jantung!


3. Masih lanjut? sekarang coba cari tentang gagal jantung di jurnal yang berbahasa inggris (jurnal internasional)
contohnya, searching dengan kata kunci yang telah ditranslate kan ke bahasa inggris "heart failure pdf"
TIPS#4 salah saru keakuratan jurnal adalah dilihat dari tahun terbitnya (karena ilmu terus berkembang, jadi cari yang paling update, maksimal 5 tahun). Nah, bagaimana kalian bisa mengetahui tahun terbit jurnal? kalian bisa mengetahuinya karena disetiap akhir halaman akan tertulis tahun terbit jurnal dan informasi lainnya.
Ini contohnya ya!




SARAN
Biasakan untuk mencari sumber rujukan yang berbahasa inggris. Pada awalnya pasti sulit, tapi jika sudah terbiasa? Otak kita terpogram untuk melakukan suatu hal lebih cepat jika dilakukan berulang-ulang. Pengalaman adalah guru terbaik. Kalau tidak dimulai dari sekarang, lalu kapan? Apakah ilmu kita akan tergerus waktu?
(Self Reminder)


Ibrila Asfarina Ahmadah
Jember, 23 Agustus (00:36)

Comments