Cara Seru Belajar Bahasa Inggris

Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah akhirnya dapat hidayah lagi untuk berbagi lewat tulisan di blog ini.
Kali ini saya mau berbagi tulisan tentang Cara Seru Belajar Bahasa Inggris. Kenapa "Seru"? karena saya pikir saya masih belum layak untuk menulis judul seperti Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris, Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Jujur saya belum benar-benar ahli dan matang dalam kemampuan berbahasa inggris. Tapi itu tidak menghentikan saya untuk berbagi menulis. Setiap pengalaman dan cara yang saya lakukan pastilah sedikit banyak bermanfaat bagi pembaca sekalian! Mungkin dengan mengambil beberapa bagian dari cara yang saya lakukan, pembaca mampu memodifikasi dengan caranya sendiri sehingga belajar bahasa inggris lebih efektif dan menyenangkan.

Kenapa bahasa inggris merupakan salah satu hal yang penting?

Bahasa inggris bagaikan emas di zaman modern ini. Hampir segala sektor pekerjaan dan lingkungan di seluruh dunia membutuhkan bahasa inggris contohnya dari hal yang sederhana seperti penunjuk jalan, bungkus makanan sampai hal yang cukup penting seperti kuliah diluar negeri atau melamar pekerjaan di perusahaan asing, semua butuh keterampilan berbahasa inggris.

Bagaimana cara meningkatkan minat dalam belajar bahasa inggris?

1. MOTIVASI
Hal yang paling kamu butuhkan dalam belajar segala hal tidak hanya bahasa inggris tentunya adalah motivasi. Cari motivasi diri baik dari luar maupun dalam sebanyak mungkin. Jadi kalau kamu kehilangan sebuah motivasi kamu masih bisa terus belajar dengan berbekal motivasi lain. Tetap kuatkan motivasi
2. LAKUKAN SEKARANG
Jangan pernah menunda sebuah rencana atau kegiatan. Sekecil apapun usaha yang kamu lakukan sekarang akan jauh lebih baik daripada se gudang rencanamu di masa depan. Lakukan sekarang juga niat kamu untuk belajar bahasa inggris walaupun sekedar membaca beberapa lembar karena itu justru sangat baik bagi langkah belajar kamu ke depannya. Sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit.

Setelah beberapa perkenalan awal kita mulai ke topik utamanya yaitu "Cara Seru Belajar Bahasa Inggris"

Saya membuat singkatan"Coba Dulu"

1. Sistem Belajar-Istirahat
Nah menurut saya bagian ini yang sangat penting. Jika kamu adalah manusia dengan tipe yang sama seperti saya yaitu tidak tahan lama belajar terlalu lama, saya sarankan kamu gunakan cara belajar yang Alhamdulillah sudah saya coba cukup efektif bagi saya, jadi setiap kali kamu belajar kamu timer waktu kamu misal cukup 15 menit kamu belajar non-stop. Setelah timer berbunyi, kamu lanjut timer lagi untuk istirahat misal 5 menit. Nah diwaktu 5 menit itu kamu bebas mau ngapain aja entah bermain handphone, tidur-tiduran, dan lain sebagainya. Tapi setelah timer berbunyi lagi, kamu wajib bangun dan me-timer  lagi untuk waktu belajar. Begitu seterusnya 15 menit belajar, 5 menit istirahat.
Bagi saya, cara ini sangat mujarab jadi belajar bisa fokus dan berlanjut untuk waktu yang cukup lama bahkan 3 jam untuk terus belajar. Untuk aturan waktunya tidak harus 15 menit-5 menit, kalian bisa atur senyaman kalian. Bisa 30 menit-10 menit, dan lain-lain.
Wajib dicoba!

2. Belajar Listening-Reading
Pembaca pasti sering melihat saran dari banyak orang, belajar listening bahasa inggris bisa dari kebiasaan menonton film luar negeri yang berbahasa inggris. Tapi jujur bagi saya, jika cara tersebut diterapkan ke diri saya menjadi kurang efektif karena saya masih dalam tahap belajar dan justru menjadi tidak sabar dan ingin mengganti translate ke bahasa indonesia. Hal itu saya lakukan supaya saya benar-benar 100 persen mengerti cerita film-nya(tidak patut ditiru). Nah bagi kalian yang mengalami masalah seperti saya, saya punya solusinya.
Saya dulu belajar listening dari aplikasi gratis yang bisa didownlod di play store(bukan endorse). Dulu nama aplikasinya BBC Learning English tapi sekarang sudah berganti nama menjadi Listening English. Di aplikasi tersebut kita bisa belajar berbagai kemampuan bahasa inggris seperti reading, listening, vocabulary, dan lain sebagainya. Saya biasanya belajar grammar dari aplikasinya. Nah menurut saya nilai plus nya adalah kita bisa mendengar pemaparan dari native speaker nya dan ada teks nya yang juga berbahasa inggris. Hal tersebut menurut saya benar-benar meningkatkan kemampuan listening saya karena kita lambat laun akan terbiasa mendengar orang berbahasa inggris tapi kita tetap tahu tulisannya bagaimana. Selain itu kita juga bisa menambah ilmu tentang grammar. Seru kan!InsyaAllah.
VERY RECOMMENDED! 

3. Baca Baca Baca
Cara seru berikutnya yaitu baca webtoon, baca novel, TAPI baca yang berbahasa inggris. Tips saya waktu membaca jika ada kata sulit langsung cari translate-nya dan TULIS di buku khusus. Setiap hari kalian baca dan hafalkan. InsyaAllah kalian bakal jadi kamus berjalan hehe.

4 Berani NGOCEH
Walaupun kalia belum mahir, belajarlah untuk mengoceh berbahasa inggris. Kalian bisa berlatih bersama teman, keluarga, dan lain sebagainya. Jika kalian malas untuk mencari pasangan berlatih, kalian bisa bayangin ada yang mewawancarai kalian dan kalian wajib menjawabnya pakai bahasa inggris. Asal jangan waktu banyak orang kalian ngoceh sendiri nanti dikira kurang waras hehe.

5 TOEFL
Salah satu kriteria kalian jago bahasa inggris, TOEFL kalian harus bagus. Sebenarnya gak juga sih, tapi kebanyakan iya. Nah beli buku TOEFL tidak harus beli, kalian bisa langsung download di internet, ada banyak sekali. Saran saya pakai buku longman, tapi terserah bebas.

Itu dia cara seru-nya! Bisa dijadikan referensi dan tambahan modifikasi belajar. Semoga bermanfaat.

Oya, saya punya tips tambahan!!!
1. HORMATI GURU
Sebagai seorang siswa, kita wajib menghormati guru kita. Kenapa wajib? sadar gak sih kalau akhlak kalian baik ke guru, ilmu kalian INSYAALLAH bermanfaat, belajar kalian bakal dimudahkan, kalian bakal cepat belajar dna menyerap ilmu baru. Coba bandingkan sama siswa yang kurang menghormati gurunya, pasti beda! Jadi benahi dulu akhlak mu sama gurumu ya! INSYAALLAH jika sudah, jalan hidupmu bakal dimudahkan, dimudahkan seperti apa? ya misal mencari sekolah, mencari pekerjaan, belajar hal baru, dan lain sebagainya. Kenapa bisa begitu? itu karena ilmu mu menjadi berkah buatmu! Siyap!
2.BELAJAR IKHLAS KARENA ALLAH
Luruskan niatmu, belajar hanya karena Allah. InsyaAllah bakal dimudahkan.

Sekian.
Semoga bermanfaat.
Selamat belajar!.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Comments