Medical Student - Review Buku Kedokteran

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai sobat!
Sudah lama sekali yaa, saya tak berjumpa dengan sobat semuanya lewat tulisan tanpa pena ini di konten Medical Student.

Jika menengok tulisan-tulisan saya sebelumnya, banyak sekali konten mengenai renungan islam seperti
Percaya Deh Sama Allah!
Syar'i kah Jilbab Masa Kini?
Merayakan Ulang Tahun Dalam Islam
Cara Mudah Belajar! IQRA! IQRA!

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai pengalaman saya menjadi mahasiswa kedokteran. Walaupun masih satu semester di FK, tapi cukup banyak hal yang ingin saya sampaikan ke sobat semuanya!

Bismillah...

REVIEW BUKU KEDOKTERAN 




Oiya sobat, bagi yang masih belum tahu, saya merupakan mahasiswa aktif jenjang S1 Pendidikan Dokter di Universitas Jember angkatan tahun 2018
Jadi, buku-buku yang saya review ini sedikit banyak terpengaruh dari lingkungan mahasiswa di Universitas Jember
Alhasil, buku-buku yang akan saya review ini mungkin akan terdengar sedikit asing atau jarang digunakan di FK dari universitas yang berbeda. Jadi harap maklum ya, karena disini saya lagi ingin menulis dan berbagi pengalaman.

Disini ada 4 buku kedokteran yang saya review. 4 buku kedokteran ini bisa kalian beli secara fisik maupun secara elektronik. Untuk mendapatkan buku fisik ataupun e-book dari 4 buku ini sangat mudah. Kalian bisa beli di toko buku atau kating yang menjual buku, minta file e-book dari kakak tingkat atau teman kalian se-kampus. Alternatif lain, kalian bisa pinjam buku kedokteran dari saudara atau kakak tingkat kalian di FK. Oiya, jika di FK UNEJ itu ada sistem "adek-kakak NIM", nanti aku jelaskan di tulisan yang lain ya mengenai keuntungan adanya sistem tersebut.

Ada buku kedokteran yang saya review ini masuk dalam kategori direkomendasikan berdasarkan 3 syarat yaitu Buku Kedokteran dengan Akses Mudah, Buku Kedokteran dengan Harga Terjangkau, Buku Kedokteran dengan Materi yang Mudah Dipahami.
Nah, saya akan jelaskan satu persatu mengenai 3 hal ini terlebih dahulu ya biar tidak terjadi kesalahpahaman.

1. Akses Mendapatkannya Mudah
Akses Mudah disini maksudnya yaitu buku-buku kedokteran yang saya rekomendasikan disini sangat mudah untuk didapatkan baik secara offline yaitu beli buku di gramedia, togamas, dan toko buku lain maupun mendapatkannnya secara onnline serta versi e-booknya. Hal ini disebabkan karena buku kedokteran yang saya rekomendasikan ini cukup terkenal sehingga banyak pedagang yang menjualnya. Sobat juga bisa meminjam buku kedokteran ini ke kakak tingkat atau saudara.

2. Harga Terjangkau
Nah, buku-buku kedokteran yang akan saya rekomendasikan ini memiliki harga terjangkau. Walaupun tidak bisa dipungkiri kalau buku-buku kedokteran pasti mahal, tapi setidaknya harganya masih wajar dan tidak terlewat mahal.

3. Mudah Dipahami
Selain 2 faktor diatas, materi dibuku kedokteran yang mudah dipahami ini juga sangat penting. Terlebih, bagi mahasiswa baru yang masih belum paham banyak hal tentang ilmu kedokteran. Jadi, materi yang penyampaiannya ringan tapi tetap berbobot juga penting.

Oke, kita ke topik utama yaa mengenai buku-buku kedokteran yang saya rekomendasikan!

Ada 4 buku kedokteran yang saya review buat sobat semua, disimak ya, buku-buku ini saya review berdasarkan pengalaman saya memakai buku ini.

Nah jadi menurut saya sebagai mahasiswa FK buku wajib punya itu buku histologi, anatomi, dan fisiologi. Kalau misalnya ada buku khusus untuk blok-blok tertentu itu optional ya. Karena kita kuatkan materi dasarnya aja dulu.

1. FISIOLOGI SHERWOOD

Buku kedokteran yang paling berat dan besar dari segi fisik jika dibandingkan dengan keempat buku kedokteran lain yang saya review. Namun, menurut saya keunggulan buku ini adalah penulis begitu lihai dalam menyampaikan materi yang cukup berbobot dengan bahasa yang mudah dipahami. Jadi, kita seperti dituntun perlahan namun pasti. Terlebih, menurut saya belajar fisiologi dengan buku fisiologi sherwood benar-benar menyenangkan karena kita belajar secara konsep. Selain itu, menurut saya buku fisiologi sherwood ini juga memudahkan mencari bahan materi untuk tutorial. Dari segi harga, menurut saya buku ini worth it to buy juga jika dilihat dari kualitas kertas, ketebalan buku, dan tentunya isi buku alias harga sesuai kualitas. Selain itu, bagi kalian yang suka baca di laptop atau tab, e-book buku ini juga sudah beredar luas dan mudah didapatkan. Kesimpulannya buku ini sangat direkomendasikan.


2. HISTOLOGI DE FIORE

Buku histologi de fiore ini menurut saya materinya sangat ringan. Tapi kelebihannya, buku ini memiliki banyak sekali gambar sehingga cocok untuk praktikum histologi. Ya walaupun terkadang ada perbedaan dari segi warna antara gambar di buku dengan saat saya praktikum langsung(wajar karena mungkin ada perbedaan saat pewarnaan). Tapi, bagi saya belajar histologi benar-benar butuh pengulangan, kerja keras belajar, dan cukup penting untuk membandingkan gambar di buku dengan gambar di preparat agar benar-benar dipahami luar kepala, apalagi saat ujian praktikum dimana kita dituntut untuk berpikir cepat. Oiya bagi kalian yang lebih mementingkan materi daripada gambar, kalian bisa mencoba histologi junqueira ya. Kalau dari segi harga junqueira lebih murah daripada de fiore. Saya pribadi merasa buku histlogi de fiore ini sedikit mahal mungkin karena terdapat banyak gambar ya. Mahal dalam artian jika dibandingkan dengan tebal buku fisiologi sherwood ya. Bagi kalian yang betah belajar lewat e-book saya rekomendasikan beli buku elektronik.



3. ANATOMI GRAY 

Saya suka buku ini karena buku ini mengajarkan saya step by step dengan materi yang tidak terlalu berat. Karena jika boleh dibilang, saya bukan ahli biologi saat SMA, jadi istilahnya saya masih perlu dituntun untuk beradaptasi dengan materi FK. Selain itu, terkadang materi PPT dokter saya mirip dengan buku anatomi gray. Dilihat dari segi harga, justru inilah alasan saya lebih memilih buku ini karena harganya sangat jauh jika dibandingkan membeli buku anatomi sobotta atau anatomi prometheus. Selain itu bagi saya, belajar anatomi yang paling penting itu belajar dan terus belajar.





4. ANATOMI NETTER

Sejujurnya saya masih belum terlalu nyaman memakai buku ini mungkin karena terlalu animasi atau gimana ya. Tapi, buku ini cocok digabungkan dengan anatomi gray. Jadi, anatomi gray sebagai sumber penjelasannya dan anatomi netter sebagai sumber gambarnya. Karena isi buku ini penuh dengan gambar. Kalau dilihat dari segi harga bisa dibilang standar harga buku FK.



Oke makasih sobat sudah membaca, mungkin kalian bisa share pengalaman kalian memakai buku kedokteran lainnya. Semangat terus ya teman sejawat!

Wassalamu'alaikum, Wr. Wb.


Penulis: Ibrila Asfarina Ahmadah 
Gresik, Januari 2018



Rekomendasi buku kedokteran, rekomendasi buku-buku kedokteran, buku kedokteran yang saya rekomendasikan, buku-buku kedokteran yang saya rekomendasikan, buku kedokteran Fisiologi Sherwood, buku kedokteran histologi de fiore, buku kedokteran anatomi gray, buku kedokteran anatomi netter, buku kedokteran anatomi, buku kedokteran fisiologi, buku kedokteran histologi, buku kedokteran sherwood, buku kedokteran de fiore, buku kedokteran gray, buku kedokteran netter, buku-buku kedokteran, buku-buku kedokteran 2019, buku kedokteran, buku-buku kedokteran 2019, buku kedokteran anak fakultas kedokteran, buku-buku kedokteran anak fakultas kedokteran, buku kedokteran anak fakultas kedokteran 2019, buku-buku kedokteran anak fakultas kedokteran 2019, buku wajib punya anak kedokteran, buku wajib punya anak kedokteran 2019, rekomendasi buku kedokteran 2019, rekomendasi buku-buku kedokteran 2019, buku kedokteran yang saya rekomendasikan 2019, buku-buku kedokteran yang saya rekomendasikan 2019, buku kedokteran Fisiologi Sherwood 2019, buku kedokteran histologi de fiore 2019, buku kedokteran anatomi gray 2019, buku kedokteran anatomi netter 2019, buku kedokteran anatomi 2019, buku kedokteran fisiologi 2019, buku kedokteran histologi 2019, buku kedokteran sherwood 2019, buku kedokteran de fiore 2019, buku kedokteran gray 2019, buku kedokteran netter 2019, review rekomendasi buku kedokteran, review rekomendasi buku-buku kedokteran, review buku kedokteran yang saya rekomendasikan, review buku-buku kedokteran yang saya rekomendasikan,review  buku kedokteran Fisiologi Sherwood,review  buku kedokteran histologi de fiore, review buku kedokteran anatomi gray,review  buku kedokteran anatomi netter, review buku kedokteran anatomi, review buku kedokteran fisiologi, review buku kedokteran histologi, review buku kedokteran sherwood, review buku kedokteran de fiore, review buku kedokteran gray, review buku kedokteran netter, kumpulan buku kedokteran, kumpulan buku-buku kedokteran, kumpulan rekomendasi buku kedokteran, kumpulan buku kedokteran anak fakultas kedokteran, buku kedokteran mahasiswa baru, buku-buku kedokteran mahasiswa baru

Comments